Image default
Berita

6 Nama Pembalap Indonesia Pernah Berlaga di Kompetisi Tingkat Dunia

Indonesia boleh berbangga karena tidak sedikit atletnya yang berhasil menjuarai berbagai kompetisi di tingkat dunia. Sebut saja atlet bulutangkis yang sudah beberapa kali menorehkan sejarah pada pertandingan berskala internasional. Termasuk dalam bidang balap, sejumlah atlet juga pernah berlaga di ajang dunia dan meraih prestasi. Para pembalap Indonesia tersebut bahkan sempat mendapat perhatian dan kebanggaan dari seluruh masyarakat Indonesia berkat pencapaiannya.

Baca Juga: Ketahui Cara dan Syarat Membuat Surat Izin Mengemudi Baru di Tahun 2021

Sederet nama pembalap asal Indonesia memang berlaga di ajang yang berbeda-beda juga pada musim yang berbeda. Cabang balap yang mereka tekuni juga bervariasi. Berkat kemampuan dan kerja keras para pembalap tersebut, sejumlah prestasi atas nama bangsa Indonesia berhasil membuat negara ini semakin diperhitungkan. Inilah nama-nama pembalap yang sudah mengharumkan nama bangsa di kancah dunia.

1. Rio Haryanto

Rio Haryanto Pembalap Indonesia yang paling dikenal

F1 merupakan ajang balap mobil yang paling bergengsi di dunia. Tidak semua negara bisa mengikuti ajang tersebut, namun Indonesia termasuk yang beruntung karena bisa mengirimkan wakil terbaiknya yaitu Rio Haryanto. Nama Rio Haryanto tercatat sebagai pembalap Indonesia pertama yang berlaga di ajang tersebut. Sayangnya, pencapaian Rio tidak sesuai dengan harapan dan gagal turun penuh dalam lomba penutup. Meski begitu, Indonesia tetap pantas membanggakan Rio atas prestasi yang telah dicetaknya.

2. Doni Tata Pradita

Dari cabang balap motor, ada nama Doni Tata Pradita sebagai atlet yang mampu menembus ajang tertinggi dengan turun di kelas 250 cc pada tahun 2008 lalu. Tata berhasil mencetak 1 poin di posisi ke-15 GP Cina pada musim tersebut. Pria asli Yogyakarta itu kemudian turun kembali di balap motor level kedua Kejuaraan Dunia pada 2013. Ia kembali bisa mencetak 1 poin pada garis akhir saat GP Australia. Fakta menarik menyebutkan bahwa sampai saat ini, belum ada pembalap dari Indonesia yang berhasil mencapai prestasi sebaik Doni Tata Pradita.

3. Alexandra Asmasoebrata

Pembalap Indonesia dari Kaum Perempuan, Alexandra Asmasoebrata

Siapa bilang daftar pembalap Indonesia berprestasi hanya diisi oleh kaum laki-laki? Buktinya ada nama Alexandra Asmasoebrata sebagai pembalap wanita yang tak kalah membanggakan. Perempuan kelahiran 23 Mei 1998 itu pernah meraih gelar Juara 1 di China Formula Campus Division dan peringkat ke-13 pada World Championship Junior Rotax MAX. Tak tanggung-tanggung, MURI alias Museum Rekor Indonesia bahkan pernah mencatatkan namanya sebagai pembalap perempuan pertama di Indonesia.

4. Ananda Mikola

Ananda Mikola, Pembalap Indonesia yang cukup populer

Dari kalangan pembalap senior, Indonesia pernah bangga atas pencapaian yang diraih Ananda Mikola. Pria tersebut beberapa kali turun di ajang internasional seperti Formula Asia, Formula 3 dan Formula 3000 International. Ananda Mikola juga menjadi pembalap dari Indonesia yang mengikuti ajang A1 Grand Prix pada tahun 2005 hingga 2006. Suami dari Marcella Zalianty tersebut mampu sampai pada garis finis dengan peringkat ke-18 pada klasemen akhir lomba balap mobil formula antarnegara.

5. Dimas Ekky Pratama

Tidak mau kalah dari rekannya, Doni Tata Pradita, Dimas Ekky Pratama juga menjadi jagoan balap asal Indonesia yang patut dibanggakan. Dimas Ekky turun penuh di kelas Moto2 pada tahun 2019 setelah debut sebagai wild card di GP Malaysia 2017 dan GP Catalunya 2018. Sedangkan saat turun di 14 lomba Moto2 2019, pembalap asal Depok itu sayangnya harus gagal mendapatkan poin. Karena sempat mengalami cedera, pembalap Indonesia itu sempat digantikan oleh Gerry Salim di Aragon.

6. Sean Gelael

Sean Gelael sempat turun di Formula 2 yang merupakan ajang balap mobil kursi tunggal satu level di bawah F1. Dari 10 race yang diikuti, pria bernama lengkap Muhamad Sean Ricardo Gelael itu hanya mampu meraih 3 poin. Karena mengalami cedera tulang belakang saat berlaga di feature race Barcelona, posisi Sean Gelael sempat digantikan oleh pembalap Red Bull Junior, Juri Vips. Siapa sangka bahwa putra dari pasangan pembalap Senior Ricardo Gelael dan Rini S. Bono itu memulai karir dengan mengikuti ayahnya sebagai navigator di balapan reli.

Baca Juga: Deretan 5 Motor Skuter Keluaran Terbaru yang Girly

Melihat dari pencapaian para pembalap Indonesia di ajang internasional, bisa dipastikan Indonesia memiliki potensi besar untuk terus mendulang prestasi. Meskipun belum ada pembalap yang berhasil meraih pencapaian tertinggi dalam setiap kompetisi yang diikuti, namun peluang untuk mencetak prestasi tetap terbuka lebar. Mereka dan bibit-bibit pembalap lainnya akan segera membawa nama Indonesia menuju puncak prestasi dunia.

Related posts

Mengenal 6 Fakta Mata Elang, Penagih Debitur Macet yang Sering Ditakuti

Risma Mualifa

Cek Jam Ganjil Genap Jakarta Di Sini!

Rostina Alimuddin

Leave a Comment