32.1 C
Jakarta
2 Desember, 2022
Motor

Cara Modif Motor Vespa Matic untuk Tampil Kece di Jalan

Modif motor vespa matic kini semakin diminati oleh para penggemarnya. Motor yang kental akan aura retro klasiknya ini dapat dimodifikasi untuk tampil beda sesuai budget maupun selera pemiliknya.

Baca juga:Jurusan Automotive Engineering dengan Prospek Kerja Menarik 

Pada umumnya, modifikasi vespa matic memiliki 2 tujuan, yaitu untuk memaksimalkan penampilan dan mengoptimalkan performanya. Namun bagi pemula, ada baiknya Anda mengganti komponen – komponen ringannya terlebih dahulu.

Selain itu perawatannya juga tidak seperti motor pada umumnya, karena beberapa komponennya harus dicek secara berkala. Berikut ini contoh modifikasi vespa matic, kisaran biaya, serta cara perawatannya.

Rekomendasi Modif Motor Vespa Matic untuk Tampil Kece

Melakukan modifikasi motor vespa matic dapat harus disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Jika ada biaya lebih, Anda dapat merombaknya secara keseluruhan, mulai dari mesin hingga rangkanya.

Modif Gaya Racing

Gaya racing merupakan modif motor vespa matic untuk mendapatkan sentuhan ala motor balap. Beberapa vespa dimodif dengan aura sportif, seperti Vespa S, Vespa Print, atau Vespa GTS. Vespa S sendiri aura racingnya cukup kental.

Dikarenakan joknya dibuat bergaya single seater seperti motor balap. Jika ingin dimodifikasi, pastikan tidak hanya mementingkan penampilan racingnya saja. Melainkan pastikan tidak merubah performa kendaraan dengan bore up kapasitas mesinnya.

Modif Gaya Klasik

Sebenarnya modif motor vespa matic gaya klasik terbilang gampang – gampang susah. Hal ini dikarenakan motor vespa sendiri sudah terkenal akan aura klasiknya. Bisa jadi justru tampilannya kurang sesuai karena dimodifikasi ulang.

Tetapi tidak perlu khawatir, karena Anda tetap dapat memodifikasi vespa tersebut. Tetapi pastikan motor vespa matic yang akan dimodifikasi seperti model Vespa LX atau Primavera. Hal tersebut dikarenakan penggunaan lampu depannya bulat.

Modif Gaya Touring

Model berikutnya yaitu bergaya touring yang cocok diterapkan pada model GTS 150 atau GTS 300. Dikarenakan pada model GTS 150 ataupun 300 tersebut, sudah lengkap dengan mesin berpendingin cairan.

Dengan begitu, model GTS bisa memiliki jantung mekanis yang optimal dan bodinya terlihat lebih besar. Sehingga nyaman digunakan pengendara maupun boncengannya ketika dikendarai dalam waktu lama.

Cara Modifikasi Motor Vespa Matic Sesuai Gayanya

Cara Modif Motor Vespa Matic untuk Tampil Kece di Jalan_Cara Modifikasi Motor Vespa Matic Sesuai Gayanya

Berdasarkan 3 model memodifikasi vespa matic di atas, Anda dapat melakukan cara – cara di bawah ini untuk memberi tampilan kece ketika dipakai.

Cara Memodifikasi Model Racing

Aplikasi gaya racing sebenarnya dapat dibentuk dalam beberapa macam. Untuk look modif motor vespa matic sederhana, cukup menambahkan aksen hitam pada beberapa komponen.

Contohnya mengganti spion, lis body, ataupun dan cover lampu diganti warna gelap. Khusus spion, ubah posisinya ke ujung stang, sementara knalpotnya diganti versi aftermarket. Bodi motornya dicat ulang memakai warna matte.

Cara Memodifikasi Model Klasik

Anda dapat modif motor vespa matic pada bagian peleknya, diganti model monoblok. Salah satu pilihan model monoblok adalah HD Course. Ciri khasnya adalah minim celah, sehingga lebih mirip pelek vespa klasik.

Agar semakin kental dengan aura retronya, Anda dapat memasang ban serep atau ban cadangan pada bagian belakang joknya. Atau memisahkan antara jok pengendara dengan jok yang dibonceng.

Setelah itu cat ulang menggunakan warna biru telur asin seperti keluaran lawas. Melalui berbagai modifikasi ini, Anda dapat menggunakan motor vespa yang dikenal akan aura klasiknya.

Cara Memodifikasi Model Touring

Maksimalkan boks belakang modif motor vespa matic agar kapasitas bagasinya meningkat juga dapat menyimpan banyak barang bawaan selama melakukan touring. Pilih box dengan kualitas tahan air atau yang ada bantalan punggungnya.

Tambahkan aksesori crash bar untuk mencegah kerusakan parah pada bodi motor ketika terjadi kecelakaan. Crash bar ini dapat meminimalisir efek buruk sehingga Anda tetap dapat melanjutkan perjalanan touring.

Atau tambahkan aksesori windshield sebagai penghalau agar tubuh tidak diterpa angin saat melakukan perjalanan touring. Pilih yang kualitasnya baik tapi dimensinya tidak terlalu tinggi, supaya memudahkan laju motor.

Apakah Modif Motor Vespa Matic Mahal?

Beberapa orang membicarakan bahwa modifikasi motor vespa matic cenderung memakan biaya cukup mahal. Bahkan banyak yang mengulas mengenai tarif modifikasi vespa lumayan terbilang hedon.

Mungkin anggapan ini muncul dari media – media yang mengulas bahwa untuk memberi hasil keren harus mahal. Padahal, sebenarnya tidak semua modif motor vespa yang modern memakan biaya mahal sampai hedon.

Beberapa anak vespa justru mencari spare parts seperti knalpot bermerk lokal dengan harga pas di kantong anak muda. Dibandingkan merk luar, modif motor vespa matic menggunakan merk lokal membuat suaranya lebih sangar.

Saat ini sudah banyak workshop yang membuat part custom berkualitas serta presisi. Misalnya adaptor suspensi depan Ohlins, lubang spion, extension foot step, sampai paket cakram belakang.

Paket cakram belakang dipakai untuk Vespa Sprint maupun Primavera. Dulunya, paket ini terbilang cukup mahal. Harganya sekitar 7 jutaan, sedangkan sekarang sudah ditawarkan dengan harga sekitar 5 jutaan.

Bahkan ada yang 2 jutaan karena hubnya menjadi dudukan pelek juga cakramnya, sehingga bisa memakai roda bawaan. Pastinya, spareparts untuk modif motor vespa matic tersebut semakin berkualitas dan harganya kompetitif.

Cara Merawat Vespa Matic Sesudah Dimodifikasi

Cara Modif Motor Vespa Matic untuk Tampil Kece di Jalan_Cara Merawat Vespa Matic Sesudah Dimodifikasi

Merawat vespa matic tentunya berbeda dengan cara merawat motor pada umumnya. Agar tidak bingung dalam merawatnya, simak cara – cara di bawah ini agar vespa Anda tetap awet tahan lama.

Selalu Ganti Oli Secara Berkala

Cara merawat yang pertama adalah rutin mengganti oli agar meminimalisir tingkat aus. Normalnya, penggantian oli dilakukan setiap vespa matic telah menempuh jarak sekitar 10.000 kilometer sekali.

Jika sering terjebak macet atau tinggal di perkotaan, lebih baik rutin menggantinya setiap 3.000 atau 5.000 kilometer sekali. Jarak tersebut setara dengan pemakaian sekitar 3 – 4 bulan.

Rawat Sistem Pengapian

Merawat sistem pengapian juga meliputi pemeriksaan terkait arus sampai komponen listriknya. Periksa juga kabel oil maupun elektroda pada busi motor serta sistem penerangannya.

Jika melakukan modif motor vespa matic, juga wajib mengecek bagian aki juga sekring. Dikarenakan apabila tidak ada starter engkol membuat motor tidak bisa jalan karena akinya tidak dalam.

Rutin Mengecek Kondisi Roda

Rutinlah mengecek kondisi roda bagian depan maupun belakang. Pastikan terdapat bearing yang berfungsi dengan baik agar nyaman digunakan saat berkendara. Pastikan juga bahwa kampasnya cukup baik digunakan selama perjalanan.

Rajin Diservis Ringan dan Besar

Rutin menyervis baik skala ringan dan besar adalah tips perawatan yang tidak boleh ditinggalkan. Servis besar bertujuan untuk mendeteksi adanya gangguan pada modif motor vespa matic Anda.

Dikarenakan terdapat pembongkaran mesin agar pemeriksaan kondisi mesin bisa lebih optimal. Misalnya pada bagian piston, head, kinerja kruk. Servis besar dapat dilakukan setiap menempuh jarak sekitar 30.000 kilometer sekali.

Tips Melakukan Modifikasi Motor Vespa

Dalam melakukan modifikasi motor vespa matic sebenarnya membuat tampilannya menjadi lebih keren. Tetapi hindari pengubahan terlalu berlebihan, dikarenakan skuter vespa sendiri sudah didesain khusus.

Yaitu pada bagian bokong besar serta sudut yang minim memang menjadi ciri khas, sehingga menjadi salah satu daya tarik. Dikarenakan desainnya tidak mudah dimakan waktu, sehingga pastikan jangan mengubah identitasnya sebagai motor vespa.

Melakukan modif motor vespa matic dapat dilakukan pada penggantian lampu, perombakan suspensi, maupun mengoprek mesinnya. Namun sekali lagi, pastikan bahwa tampilannya tetap terlihat selayaknya vespa.

Atau jika Anda memodifikasinya menjadi ala – ala kekinian khas generasi muda, maka dapat melapisi seluruh bodi dengan warna cat berkelir abu – abu muda. Sehingga tampak seperti sedan sport BMW.

Tambahkan karbon kevlar pada spakbor depan, sementara bagian kemudinya bisa diberi headlamp daymaker. Lalu master rem, speedometer digital, sampai perintilan – perintilan lainnya untuk memaksimalkan tampilan modif motor vespa matic.

Agar lebih maksimal, upgrade pengereman maupun suspensinya full bagian depan maupun belakang. Yaitu dengan memasang kaliper rem 2P dikombo sistem suspensi. Agar makin safety, pasangkan rem disc brake di bagian pengereman kaki.

Pada intinya, melakukan modif pada vespa memang menghabiskan beberapa biaya yang mungkin bagi orang awam terdengar mahal. Tidak dipungkiri, bahwa beberapa spareparts memang berkualitas serta harganya tidak murah.

Maka dari itu, modifikasi sebenarnya bisa disesuaikan dengan budget ataupun selera Anda. Bisa dilakukan secara bertahap agar tidak menghabiskan uang dalam satu waktu sekaligus.

Baca juga: Cara Cek Tarif Tol Baru Beserta Tarifnya Berikut

Selain itu, jangan lupa memperhatikan faktor keselamatan juga kenyamanan berkendara. Hindari modif motor vespa matic dengan tampilan berbeda tetapi tidak nyaman ketika dikendarai.

  


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Related posts

Keuntungan Modifikasi Mobil dan Motor untuk Hobi

admin

Tips Modif Motor Keren dengan Budget Hemat!

admin

Kepopuleran Modifikasi Motor Matic, Aman Nggak Si?

admin

Leave a Comment

Generated by Feedzy