32.2 C
Jakarta
24 Juli, 2024
BeritaInfoMobil

Informasi Penting Mengenai Baterai Mobil Listrik di Indonesia

Emkay Frizz Happy Sour

Meningkatnya minat masyarakat Indonesia terhadap kendaraan listrik telah membuat informasi tentang baterai mobil listrik menjadi sangat dicari. Pemerintah berusaha mengintegrasikan sumber daya alam untuk menciptakan ekosistem mobil listrik yang besar. Meskipun ada komitmen dari Pemerintah, masyarakat, dan swasta, ada sejumlah tantangan yang harus dihadapi, seperti lokasi berbagai hasil tambang yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Komitmen Pemerintah

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan adanya 400 ribu kendaraan listrik di Indonesia pada tahun 2025. Hal ini menunjukkan tekad Pemerintah untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik di Tanah Air.

Baca juga : Mengatasi Tantangan Distribusi Biodiesel B35 untuk Pengurangan Emisi Gas Buang di Indonesia

Iklan Hosting

Jenis-Jenis Mobil Listrik

Saat ini, ada berbagai jenis mobil listrik yang ditawarkan di Indonesia, seperti HEV (Hybrid Electric Vehicle), PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle), FCEV (Fuel Cell Electric Vehicle), dan lain-lain. Beberapa model populer di Indonesia antara lain Hyundai Ioniq 5, Hyundai Kona Electric, Wuling Air EV, dan masih banyak lagi.

Sejarah Baterai dan Mobil Listrik

Awal Kemunculan Mobil Listrik

Mobil listrik bukanlah inovasi baru. Sejarahnya dapat ditelusuri hingga abad ke-19, ketika Robert Anderson dan Thomas Davenport pertama kali merancang mobil listrik. Namun, di zaman sekarang, nama Robert Anderson mungkin tidak dikenal luas, sementara Elon Musk dikenal sebagai pemimpin di industri mobil listrik.


Emkay Frizz Happy Sour

Perkembangan Teknologi Baterai

Pada awalnya, teknologi baterai mobil listrik belum sebaik saat ini. Robert Anderson dan Thomas Davenport menggunakan baterai yang tidak bisa diisi ulang. Baru pada tahun 1860-an, Gaston Plante dari Prancis menemukan baterai lead-acid yang dapat diisi ulang. Hal ini membuat mobil listrik menjadi lebih praktis dan aman digunakan.

Popularitas mobil listrik sempat meredup karena perkembangan teknologi mesin pembakaran dalam yang lebih maju, serta harga mobil konvensional yang lebih terjangkau. Namun, kini mobil listrik kembali populer, terutama di Indonesia, berkat upaya Pemerintah dalam membangun ekosistem kendaraan listrik.

Iklan Backlink

Fakta Menarik Mengenai Baterai dan Mobil Listrik

Harga Mobil Listrik yang Mahal

Salah satu fakta menarik adalah harga mobil listrik yang cenderung tinggi di Indonesia. Misalnya, Hyundai Ioniq 5 dibanderol sekitar Rp748-859 juta, sementara Kia EV6 mencapai Rp1,299 miliar. Hal ini disebabkan oleh sulitnya mendapatkan bahan baku lithium yang digunakan dalam baterai mobil listrik. Proses pengolahan bahan baku ini memerlukan waktu yang cukup lama.

Manfaat Bahan Baku Nikel

Bahan baku utama dalam baterai mobil listrik adalah nikel. Selain digunakan dalam baterai, nikel juga memiliki manfaat lain dalam kehidupan sehari-hari, seperti digunakan sebagai campuran dalam pembuatan stainless steel, peralatan rumah tangga, dan komponen kendaraan seperti pelek dan knalpot.

Harga Tinggi Baterai Mobil Listrik

Harga baterai mobil listrik juga tinggi dan dapat mencapai 10 hingga 60 persen dari harga keseluruhan mobil. Di Amerika Serikat, harga baterai mobil Tesla saja mencapai sekitar 13.500 dolar AS atau sekitar Rp189 jutaan. Ini menunjukkan bahwa baterai merupakan salah satu komponen paling mahal dalam mobil listrik.

Iklan Hosting

Komponen-Komponen Mobil Listrik

Traction Battery Pack

Komponen ini berfungsi untuk menyimpan dan mengalirkan arus listrik ke motor traksi. Umumnya, baterai jenis lithium-ion digunakan karena memiliki daya tahan yang baik.

Traction Motor

Motor traksi adalah dinamo listrik yang digunakan untuk menggerakkan roda dan transmisi mobil listrik. Motor ini mempengaruhi performa mobil listrik.

Baca juga :

 


Emkay Frizz Happy Sour

Charger

Charger mengubah listrik Alternating Current (AC) menjadi Direct Current (DC) untuk mengisi daya baterai mobil. Ada dua jenis charger, yaitu on board charger dan off board charger.

Dengan begitu banyak informasi tentang baterai mobil listrik dan kendaraan listrik, masyarakat Indonesia semakin mendekati masa depan yang ramah lingkungan dengan adopsi kendaraan berbasis listrik yang lebih luas.

Demikianlah informasi penting mengenai baterai mobil listrik di Indonesia, dari sejarahnya hingga perkembangan saat ini. Semoga informasi ini bermanfaat untuk memahami peran penting baterai dalam kendaraan listrik dan tantangan yang dihadapi dalam mengembangkan industri ini.

Iklan Backlink

Emkay Blast Lite merchandise

Related posts

10 Ciri-Ciri Mobil Bekas Banjir, Sekali Lihat Langsung Ketahuan

admin

Mengenal 6 Fakta Mata Elang, Penagih Debitur Macet yang Sering Ditakuti

Risma Mualifa

Perubahan Warna Plat Nomor Kendaraan di Indonesia: Mengapa Plat Nomor Hitam Berubah Menjadi Putih?

Agung

Leave a Comment