Image default
Tips

Tips Cara Mudah Memilih Mobil Bekas Berkualitas

Mobil merupakan salah satu alat transportasi yang kini menjadi kebutuhan banyak orang yang bepergian dan menjalankan bisnis. Fakta bahwa transportasi umum di Indonesia masih jauh dari kata nyaman memang membuat banyak orang memilih membeli mobil pribadi untuk kebutuhan sehari-hari. Sayangnya, tidak semua orang bisa membeli mobil yang diinginkan. Harga mobil yang masih relatif tinggi membuat mereka tidak terjangkau secara finansial. Namun bagi Anda yang benar-benar ingin memiliki mobil, Anda bisa mengatasi masalah keuangan ini dengan mencari dan membeli mobil bekas.

Mobil bekas? Apakah kualitasnya bisa di jamin? Walaupun mobil bekas, selama Anda bisa memilih mobil dengan cermat dan tepat, Anda bisa membeli mobil yang bagus. Dari sini, sayangnya, tidak semua orang dapat dengan cermat memilih mobil bekas yang berkualitas baik. Karena tidak semua orang menjual mobilnya karena kondisinya sudah tidak bagus lagi. Banyak juga mobil bekas yang kualitasnya mendekati baru. Tentu saja untuk bisa menemukan mobil bekas yang berkualitas membutuhkan ketelitian. Selain memperhatikan kondisinya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas. Berikut beberapa tips memilih mobil bekas yang berkualitas :

 

1. Lihat Tempat Pembelian

Cara dan tips pertama untuk memilih mobil bekas yang berkualitas adalah dengan memperhatikan tempat Anda membeli mobil tersebut. Memang benar bahwa sekarang ada banyak tempat untuk menjual mobil bekas dengan semua penawaran yang bagus. Namun untuk mendapatkan dan membeli mobil bekas, Anda juga bisa membeli langsung dari orang yang memang ingin menjual langsung. Membeli di showroom memang memberi Anda banyak pilihan, tetapi Anda tahu bahwa membeli melalui showroom pasti akan lebih mahal daripada membeli langsung dari orang pertama.

Membeli mobil bekas melalui tengkulak juga bisa membuat pembelian Anda menjadi lebih mahal. Membeli mobil secara langsung akan memberi Anda lebih banyak wawasan tentang seberapa baik perawatan mobil Anda, terutama jika orang yang menjual mobil itu adalah orang yang Anda kenal. Oleh karena itu, memperhatikan tempat Anda membeli mobil merupakan hal penting yang perlu Anda perhatikan.

2. Bawa Teman atau Mekanik Yang Mengerti Mobil

Sebaiknya membawa teman atau mekanik yang memahami dan mengerti dalam memeriksa mobil bekas. Bahkan jika Anda memahami mobil, bantuan pengecekan dari orang lain yang ahli akan dapat mengurangi kemungkinan adanya kerusakan yang terlewat.

Jika Anda tidak ada kenalan yang bisa membantu, gunakan jasa inspeksi mobil bekas yang menyediakan mekanik handal dan berpengalaman dalam memeriksa mobil bekas. Dengan bantuan profesional, tentunya Anda akan merasa lebih yakin dalam membeli mobil pilihan Anda

 

3. Hati-hati Dengan Mobil Harga Terlalu Murah

Pepatah “selalu ada harga” berlaku saat Anda berbelanja mobil bekas. Bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan mobil yang berkualitas dengan harga yang murah, namun jika harganya jauh lebih rendah dari pasaran, sebaiknya Anda lebih berhati-hati dan memperhatikan kondisi mobil tersebut. Hal ini dikarenakan banyak mobil bekas bekas kecelakaan dan banjir yang dijual kembali dengan harga murah. Selain itu penjual terkadang menetapkan harga rendah untuk memikat pembeli ke ruang pamer untuk menawarkan mobil lain.

 

4. Perhatikan Kondisi Fisik Kendaraan

Setelah menemukan mobilnya, maka sudah waktunya untuk mengambil langkah berikutnya, periksa. Bagian-bagian dari mobil yang biasanya dicatat adalah eksterior mobil. Cukup periksa bagian pertama dari ini terlihat. Di luar mobil ini, beberapa bagian mobil yang harus diverifikasi adalah bagian dari tubuh.

Amati jika ada goresan atau kerusakan pada tubuh mobil ini, bagaimana kondisi lukisan itu, apakah masih lunak atau kasar. Perhatikan juga bagian kaca, ada celah atau rusak. Juga perhatikan bagian lampu, ada sesuatu yang rusak dan dapat menyala dengan baik, atau bahkan cahaya

Pastikan komponen lain seperti pintu, kap dan juga kaca-kaca mobil, masih asli atau tidak. Selain itu, cek kondisi cat mobil, kadang-kadang cat otomatis rusak karena perbaikan yang tidak teratur.

Hal terpenting ketika memverifikasi fisik adalah struktur rangka utama mobil. Pastikan rangka atau sasis mobil masih dalam kondisi sangat baik, tidak ada tabrakan atau perbaikan.

 

5. Kondisi Mesin & Performa

Setelah memeriksa bagian luar, buka kap untuk memverifikasi kondisi mesin mesin. Ini adalah bagian penting dari proses inspeksi. Mobil harus dengan mudah dinyalakan. Coba hidupkan mesin mobil dan perhatikan suara mesin yang ada. Mesin yang terdengar bagus adalah mesin yang terdengar lembut dan tidak kasar. Mobil yang bagus juga memiliki fitur yang masih dalam kondisi normal semua. Setelah menyalakan mesin, cobalah untuk melakukan tes penanganan.

Cobalah untuk mengoper gigi, pastikan bahwa oper gigi ini berjalan dengan lancar. Rasakan benar kondisi mobil saat berjalan. Bila terasa berat, cenderung berbelok kearah kiri atau kanan, sebaiknya Anda berpikir dua kali untuk membelinya.

Kualitas mesin mobil akan terasa lebih saat mengendarainya langsung di jalan raya. Selain mengendalikan kinerja mesin, rem, transmisi dan kaki mobil, juga perlu cek kenyamanan saat mengendarai mobil. Dalam tes drive ini cobalah untuk melewati jalan yg kurang rata untuk mengetes baik tidaknya kondisi kaki-kaki mobil. Untuk keseluruhan proses tes drive ini sebaiknya Anda melakukannya bersama si penjual agar si penjual juga mengetahui kondisi mobilnya.

 

6. Lihat Kondisi Bagian Interior & Aksesorisnya

Setelah selesai dengan bagian luar dan mesin, sekarang saatnya untuk mengamati aksesoris dan bagian interior mobil. Beberapa aksesoris dan komponen mobil interior harus melihat bagian-bagian dashboard, mengkonfigurasi AC, karpet, dan memperhatikan kualitas jok dan langit-langit.

Pastikan untuk mencoba menempati kursi, lepaskan dan verifikasi kualitas pelapisan. Bagian kaca tidak boleh lepas dari perhatian ketika mencoba memasang segelas mobil. Periksa juga tombol Wiper dan kondisi untuk membuka pintu mobil. Akhirnya, cobalah untuk Cek lampu sen, hazard, lampu depan, dan lampu rem. Radio atau fasilitas audio lainnya juga penting.

 

7. Kelengkapan Surat-Surat & Dokumen

Setelah memeriksa kondisi mobil dan merasa cocok, sebelum melakukan pembayaran, pastikan untuk periksa keaslian & kelengkapan surat kendaraan, seperti STNK, BPKB dan faktur. Jika mobil yang ingin Anda beli adalah mobil built-up, tanyakan Form A mobil tersebut.

Cocokkan juga nomor rangka dan nomor mesin mobil, pastikan fisik mobil sesuai dengan surat-surat. Anda wajib memastikan bahwa mobil yang akan Anda beli memiliki BPKB dan STNK dengan nama asli pemiliknya. Perhatikan keasliannya, karena saat ini banyak sekali beredar surat-surat berharga palsu agar mobil curian laku dengan harga tinggi. Dengan adanya BPKB dan STNK yang asli dan lengkap maka Anda akan dimudahkan untuk urusan balik nama dan administrasi lainnya.

 

8. Cek Fisik

Agar lebih meyakinkan, tidak ada salahnya membuat pemeriksaan fisik di kantor Samsat. Dengan kontrol fisik ini, Anda dapat menentukan data dan informasi yang tercantum dalam dokumen BPKB dan STNK sesuai dengan yang sebenarnya di mobil. Anda dapat melakukan proses pemeriksaan fisik ini setelah mendapatkan izin dari pemilik atau penjual. Jangan ragu untuk meminta pemeriksaan fisik pada pemilik. Jika Anda memang sudah yakin akan membeli mobilnya, pemilik biasanya akan bersedia jika mobilnya dilakukan cek fisik.

 

9. Asuransi

Terakhir, cara dan trik untuk memilih mobil bekas yang bagus dan berkualitas adalah dengan memperhatikan asuransi yang ada pada mobil tersebut. Jika mobil bekas yang akan Anda beli mempunyai asuransi tentu ini akan sangat lebih baik. Lalu bagaimana dengan nama pemilik sebelumnya? Jangan khawatir asuransi bisa dipindahtangankan melalui proses balik nama pada perusahaan asuransi yang menjamin kendaraan yang akan dibeli. Jangan lupa untuk menyiapkan dokumen-dokumen jual-beli yang lengkap agar proses balik nama asuransi ini bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala.

 

Teliti Sebelum Membeli

Membeli mobil adalah jumlah biaya yang cukup mahal bagi kebanyakan orang. Karena itu, sebagai calon pembeli, Anda harus benar-benar berhati-hati sebelum melakukan transaksi.

Bandingkan semua pilihan dan jangan terburu-buru. Gunakan Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas Di atas, perhatikan untuk memeriksa kondisi mobil dan kelengkapan surat-surat, dengan begitu Anda akan menghindari kerugian karena pembelian mobil bekas yang bermasalah.

Related posts

Ini Dia Cara Mengurus dan Biaya Balik Nama Motor

Marsyaviani Darestuti

Semakin Mudah dan Praktis, Inilah Cara Perpanjangan SIM Online

Risma Mualifa

Ketahui Cara dan Syarat Membuat Surat Izin Mengemudi Baru di Tahun 2021

Marsyaviani Darestuti

Leave a Comment