Image default
Mobil Tips

Vanlife Sebagai Alternatif gaya hidup tempat Tinggal

Banyak gaya hidup yang lahir atau berkembang dari sebelumnya, ditahun ini salah satunya gaya hidup berpindah pindah menggunakan kendaraan sebagai tempat tinggalnya. Beberapa orang lebih memilih tinggal berpindah-pindah (nomaden)  dan selalu menemukan hal baru dalam hidupnya dan ada beberapa yang lain melakukan rutinitas yang itu itu saja karena sudah terbiasa melakukannya, demi mencari sebuah kenyamanan dan mengurangi tekanan dalam hati dan pikirannya. Ada pula yang hanya sesekali ingin mencoba hanya sekedar ingin merasakan gaya hidup alternatif ini dan ada pula yang memang menjalankan sebuah misi keliling dunia.

Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa orang yang menjalani gaya hidup tinggal dalam sebuah kendaraan walaupun tidak melulu dalam sebuah van, kebanyakan dari mereka  tinggal dalam sebuah mobil minibus, bus ¾, SUV, atau truk yang bagian belakang nya dimodif sebagaimana layaknya untuk memenuhi kebutuhan harian. Beberapa  jenis perbedaan dalam ubahan yang dilakukan didalam kendaraan

 

1. Merubah Kendaraan Menjadi Tipe Motorhome

Jika dari kita mempunyai sebuah van atau truk kemudian merubah interior dengan membuat segala sesuatu dapat dilakukan didalamnya semisal umunya memasak, mandi, beristirahat dan menyimpan peralatan yang dibutuhkan lainya biasa disebut dengan motorhome. Motorhome dibuat untuk mencari kenyamanan yang sempurna selayakna rumah yang biasa kita tinggali, bahkan ada yang sampai memasang media entertaint seperti monitor dan sound sistem hanya saja itu semua butuh energi lebih dan dari situ biasanya mereka juga memasang solar panel diatap kendaraan mereka jika masih kurang bisa menambah sebuah mesin genset. Kekurangan motorhome adalah ukuranya yang lumayan besar kurang maksimal dinegara kit ajika memasuki pemukiman yang masih belum terjamah.

 

2. Camper Van Kendaraan Simpel Yang Praktis

Beda dengan sebelumnya ubahan pada mobil minibus, SUV dan semacamnya yang diubah dengan perintilan-perintilan modifikasi mobil offroad seperti tenda outdoor diatap mobil, ubahan pada bumper belakang untuk menempatkan storage penyimpanan peralatan camping bisa disebut dengan nama Camper van. Umumnya kabin campervan dimaksimalkan untuk penyimpanan peralatan, untuk kegiatan memasak, bersih bersih, istirahat dilakukan diluar kabin. Untuk kelebihan campervan dapat memenuhi kebutuhan petualangan ke daerah pelosok atau hutan sekalipun karena dimensi yang masih memungkinkan untuk melewati jalur yang masih belum terjamah.

Berbicara bagaimana membangun sebuah van menjadi tempat tinggal senyaman mungkin kita bisa mengambi refrensi dari vanlifer luar negeri sebagai acuan melalui media social mereka , kemudian bertahap mencoba membangun sendiri agar mendapat nilai dari setiap apa yang dilakukan dan tentunya lebih menghemat budget yang kita keluarkan. Namun jika kita merasa kurang memahami bagaimana membuat huniann dalam kendaraan yang nyaman tidak perlu cemas kita bisa menyerahkan kepada para jasa karoseri yang sudah berpengalaman dalam bidang membangun interior kendaraan, di Indonesia sudah terdapat beberapa karoseri yang mampu melakukan itu semua, sebut saja salah satunya Baze dengan Toyota hiace nya.

Apasih yang para Vanlifer cari ?

Beberapa dari vanlifer mengatakan untuk mencari sebuah kebebasan, petualangan dan cinta dalam melakukan hal, maksudnya mereka  tulis aturan-aturan simple mereka sendiri dan kemudian mewujudkannya jadi bukan berarti mereka bebas melakukan banyak hal  tanpa adanya aturan. Atau mungkin karena  mereka  merasakan kejenuhan karena rutinitas yang monoton hingga membuat bosan sampai putus asa dengan kata lain pelarian mereka.

Bagaimana para Vanlifer memenuhi finansial mereka ?

Banyak dari mereka menjadi seorang konten creator di media sosial karena dengan begitu bisa mendapat adsense atau endorsement dari beberapa perusahaan yang memiliki produk  berkiatan dengan gaya hidup mereka, ada pula yang bekerja  remote freelance pada suatu perusahaan tertentu hingga mereka tak perlu selalu datang ke tempat ia bekerja. Dan yang selanjutnya sebagian lagi mereka menjual merchant  atau DIY craft  kepada komunitas atau perorangan. Tentunya semua yang dilakukan ini khusus untuk para vanlifer yang fulltime menjalankan gaya hidup ini.

Bagaimana mengatur managemen hidup sebagai vanlifer?

Karena dengan pilihan gaya hidup ini membutuhkan management yang sangat tinggi semua butuh perhitungan yang mantap, seperti contoh untuk menghemat air untuk kebutuhan memasak, sumber energi listrik untuk segala urusan cahaya dan charge berbagai gadget,  kemudian pengaturan penyimpanan barang yang mengutamakan kebutuhan terpenting sebagai penunjang dibuat sesimpel mungkin agar tidak boros  tempat penyimpanan dan belum lagi mengatur sampah yang tidak bisa dibuang begitu saja ditempat perhentian selama menginap yang bisa kemungkinan merusak lingkungan. Intinya tidak boros dan harus disiplin agar tidak menyusahkan diri sendiri nantinya.

Kenapa vanlifer harus dituntut lebih aware dalam situasi dan kondisi lingkungan mereka?

Ya, karna tidak semua tempat dimana yang mereka tinggali itu aman. Kasus terbanyak adalah pencurian seperti yang kita tau para pencuri selalu ada dimana pun kita berada maka dari itu kita lebih waspada dengan orang sekitar, belum lagi terhadap serangan hewan buas jika kita beristirahat di alam liar seperti kaki gunung atau bahkan di pesisir pantai dan sungai, yang terakhir adalah musibah bencana alam jika sedang terjadi cuaca buruk segera mungkin pindah ketempat yang menurutnya lebih aman.

Bagaimana cara mengusir jikala datang rasa kejenuhan?

Tidak bisa dipungkiri kejenuhan selalu datang tanpa kita undang mau sedang melakukan rutinisas harian atau pun sedang berlibur sekalipun, salah satu cara mengatasinya adalah dengan berpindah tempat dan mengumpulkan teman baru karena dengan ini kita mendapatkan hal baru yang dapat kita pelajari dari sebuah perbedaan suku, kebiasaan, budaya dan lainnya yang kita serap hal baik buang buruknya untuk dilakukan keesokan harinya dengan begitu kita akan lupa dengan kebosanan yang datang hingga kesenangan selalu hadir.

Mengapa kita harus memiliki jiwa dan raga yang kuat untuk gaya hidup ini?

Kadang perasaan Bahagia akan datang berkali lipat karena kelima panca indra kita selalu disuguhkan dengan hal baru seperti pemandangan yang indah ditangkap mata, udara yang segar yang setiap saat dihirup hidung, embun pagi yang lembut Ketika disentuh, namun itu semua  tak luput kita lupakan ketika masa sulit datang seperti  saat kita sedang sakit, tangki penampungan air tiba tiba bocor, kehabisan bahan bakar, konsleting listrik, sementara kita sedang berada jauh dari pemukiman itu semua harus kita atasi sendiri dan dengan tenang.

Jadi bagaimana? Tertarik dengan gaya hidup para vanlifer ? itu semua harus kita persiapkan dengan matang dengan management yang baik sebelum melakukan aktifitas vanlife. Sedikit saran jika ingin mencoba gaya hidup ini kita bisa melakukan parttime semisal Ketika mendapatkan libur weekend atau cuti dari pekerjaan yang sedang dilakukan sebelum benar-benar  melakukan fulltime. Yakinkan diri apakah keputusan ini akan baik dikemudian hari.

 

 

 

 

Related posts

6 Pilihan Helm Anak Muda Terbaru, Keren dan Kekinian

Risma Mualifa

Semakin Mudah dan Praktis, Inilah Cara Perpanjangan SIM Online

Risma Mualifa

9 Mobil yang Cocok untuk Anak Muda, Tampilan Keren dan Performa Terbaik

Risma Mualifa

Leave a Comment