30.5 C
Jakarta
14 Juni, 2024
Tips

10 Langkah Mudah Mencuci Mobil

Emkay Frizz Happy Sour

Meskipun mungkin bukan bagian yang paling menarik dari otomotif, membersihkan mobil Anda memainkan peran penting dalam memeliharanya, meningkatkan nilai jual kembali dan hanya membuatnya terlihat bagus. Tergantung pada kit yang Anda miliki, ada banyak cara Anda dapat mencuci mobil di rumah.

Untuk pencucian mobil yang sederhana dan murah, Anda dapat menggunakan ember tradisional, spons, dan sampo mobil, atau Anda dapat meningkatkannya dengan berinvestasi pada mesin cuci bertekanan dan sejumlah produk pembersih mewah seperti semir khusus dan lilin untuk kilau yang dalam. 

Tentu saja, Anda dapat membayar orang lain untuk membersihkan mobil Anda, tetapi menurut kami ini adalah pekerjaan yang memuaskan yang patut dicoba jika Anda bisa.

Mencuci mobil sendiri berarti Anda dapat mengontrol penampilan mobil Anda. Setelah Anda membeli semua handuk, sabun, losion, dan ramuan serat mikro yang Anda perlukan, itu juga dapat menghemat uang Anda dalam jangka panjang. 

Iklan Hosting

Membersihkan mobil Anda juga terasa sangat bermanfaat setelah Anda melihat hasil usaha Anda – tidak ada yang lebih baik daripada melihat kotoran hilang, membuat mobil Anda berkilau dan bersih.

Pencucian mobil DIY bisa jadi menakutkan, terutama jika Anda belum pernah menggosoknya dari atas ke bawah sebelumnya. Sangat mudah untuk menerima beberapa teknik paling dasar begitu saja dan tidak jarang bagi pemula untuk membuat kesalahan. 

Anda dapat mencuci mobil Anda pada waktu yang salah untuk hasil terbaik, atau bahkan merusak cat mobil dengan spons yang belum dibilas dengan benar. Ada juga begitu banyak sarung tangan, sampo, lilin, dan produk serta peralatan pembersih lainnya di pasaran sehingga semuanya bisa membuat Anda kewalahan.

Baik Anda seorang pemula atau berpengalaman dalam pembersihan mobil, kami telah menyusun panduan langkah demi langkah kami tentang cara terbaik untuk mencuci mobil Anda untuk membantu meningkatkan teknik Anda dan melindungi umur panjang cat.

Dimulai dengan dasar-dasar mencuci, membilas, dan waxing bodywork mobil Anda, hingga tips yang lebih mendalam tentang membersihkan interior mobil Anda. Begini cara mencuci mobil. 


Emkay Frizz Happy Sour

10 Cara dan Langkah Mudah Mencuci Mobil

langkah mudah mencuci mobil

1. Cuaca yang tepat

Kemungkinan hujan mungkin tampak seperti risiko yang harus dihindari, tetapi membersihkan mobil Anda di hari mendung sebenarnya jauh lebih baik daripada di bawah sinar matahari langsung. 

Mencuci mobil di bawah sinar matahari mungkin tampak seperti hal terbaik untuk dilakukan, tetapi panas akan mengeringkan mobil Anda antara mencuci dan membersihkan, yang dapat meninggalkan bekas air pada bodywork. Panasnya sinar matahari juga akan mengurangi efektivitas produk pembersih Anda.

Tentu saja, tidak ada gunanya mencuci mobil saat hujan (bahkan untuk pembilasan ‘gratis’ setelah keramas), dan jika cuaca cerah dan Anda harus membersihkan mobil, maka pilih area yang teduh untuk berangkat kerja, atau pilih baik pagi atau sore hari untuk melakukannya. Saat itulah matahari tidak cukup kuat, dan ada lebih banyak naungan alami untuk bekerja.

Iklan Backlink

2. Pembersihan

Kotoran dan pasir perlu dibersihkan dari mobil Anda sebelum Anda dapat memulai pembersihan apa pun. Jika Anda dapat parkir di dekat sumber air, atau memiliki selang yang cukup panjang untuk dijangkau, kami sarankan untuk membeli mesin cuci bertekanan untuk menyambungkannya.

Ini lebih efektif daripada selang saja, karena jet bertekanan tinggi dapat mengeluarkan lebih banyak kotoran, sehingga Anda tidak perlu melakukan banyak pekerjaan untuk membersihkannya. Namun, berhati-hatilah, karena beberapa mesin cuci bertekanan yang lebih kuat dapat merusak cat dan segel.

Dua produk yang berguna adalah busa salju atau penghilang film lalu lintas. Ini menutupi mobil Anda dengan busa yang mulai bekerja melonggarkan semua kotoran. Cukup biarkan mereka bekerja selama beberapa menit, lalu Anda dapat meledakkannya menggunakan mesin cuci bertekanan.

Anda harus bekerja dari atap mobil ke bawah, dan jangan lupa untuk mengerjakan bagian bawah kusen pintu dan bemper – mereka mudah dilupakan ketika Anda berdiri di dekat mobil, tetapi merupakan tempat yang jelas untuk dilihat. kotoran ketika Anda berdiri lebih jauh.

Iklan Hosting

Pada saat yang sama, Anda dapat membersihkan kotoran yang menumpuk di kusen pintu itu sendiri dan tepi pintu. Jika Anda adalah orang yang suka mengoleskan tombak pencuci bertekanan, Anda mungkin ingin mencoba meledakkannya tanpa membuat interior mobil basah.

Tetapi bagi kita yang lain, mungkin lebih baik menggunakan kain atau spons untuk menyeka kotoran. Ingatlah untuk tidak menggunakan kain atau spons yang sama saat Anda keramas mobil Anda, karena akan kotor!

Jika Anda memiliki noda membandel, seperti noda tar, kutu kering, atau getah pohon, maka Anda memerlukan pembersih yang lebih keras, dan produk berbahan dasar minyak bekerja dengan baik.

Ada semprotan penghapus tar dan serangga yang tersedia, tetapi bahkan produk seperti WD40 dapat membantu menghilangkan bekas yang membandel. Namun, jika Anda melakukan ini, penting bagi Anda untuk membersihkan dan memoles bagian tubuh yang terkena dampak secara menyeluruh setelahnya.


Emkay Frizz Happy Sour

3. Keramas

Setelah Anda menyelesaikan pencucian bertekanan awal, Anda harus memperlakukan mobil Anda dengan cuci tangan menggunakan ember dan spons tradisional atau sarung tangan cuci.

JANGAN PERNAH menggunakan cairan pembersih untuk membersihkan mobil – deterjen yang digunakan dalam cairan pembersih dirancang untuk menghilangkan kotoran dan produk lain dari benda-benda untuk membersihkannya, dan menggunakan cairan pembersih pada cat akan menghilangkan pelindung apa pun.

Iklan Backlink

Gunakan sampo cuci mobil khusus, dicampur dengan air hangat, dan dioleskan menggunakan spons atau sarung tangan. Anda seharusnya menghilangkan sebagian besar kotoran dengan pencucian bertekanan awal, tetapi ada baiknya berinvestasi dalam pelindung pasir untuk diletakkan di bagian bawah ember Anda.

Dengan begitu, saat Anda membilas spons setelah setiap kali menyeka, partikel kotoran yang tersisa akan tenggelam ke dasar, sehingga tidak berbahaya. Seperti setiap langkah pembersihan lainnya, ada baiknya mendekati panel demi panel mobil, bekerja dari atas ke bawah untuk mencegah penyebaran kotoran.

4. Pengeringan

Mengeringkan mobil sebenarnya sama pentingnya dalam proses pembersihan dengan tahapan mencuci. Ada sedikit yang lebih membuat frustrasi daripada membuat mobil Anda bersih, hanya saja mobil Anda tertutup goresan dan bekas tetesan air kering beberapa saat kemudian.

Meskipun kain mikrofiber telah dipasarkan sebagai cara yang bagus untuk mengeringkan bodi mobil Anda, masih ada risiko mereka menggores cat jika ada kotoran yang mengontaminasinya. Kami masih akan memilih kulit chamois yang lebih tradisional, lebih disukai yang alami daripada sintetis, memastikan ada kelembapan di dalamnya sebelum menyekanya ke seluruh mobil.

Jika Anda merasa sangat teliti, Anda bisa menggunakan pengering rambut untuk mengeluarkan tetesan air dari area tersembunyi, seperti di sekitar gagang pintu dan lampu. Tetesan tersembunyi ini terkenal karena merusak kerja keras Anda dengan menjalankan seluruh bodywork segera setelah Anda berkendara.

Iklan Hosting

5. Merinci / Detailing

Setelah bodywork Anda bersih dan kering, saatnya untuk beralih ke langkah berikutnya, detailing. Batang tanah liat dapat digunakan di atas bodywork untuk mengambil partikel terbaik, karena tidak semuanya dapat diambil dengan chamois atau kain. Setelah ini selesai, Anda bisa mengoleskan cat ke bodywork jika Anda mau. 

Cara terbaik untuk mengoleskan lilin adalah dengan menggunakan spons halus yang dapat menyebarkan lilin secara merata ke seluruh bagian tubuh. Cukup aplikasikan, biarkan kering, lalu gunakan kain lembut untuk mengkilat. Anda dapat membeli sikat pemoles yang dipasang pada bor rumah tangga, meskipun itu berisiko menggores bagian tubuh Anda jika Anda tidak hati-hati.

6. Jendela

Dengan bodywork yang bersih, saatnya beralih ke jendela. Meskipun ada pembersih kaca otomotif khusus yang tersedia, pembersih kaca rumah tangga harus bekerja dengan baik – asalkan berbahan dasar cuka untuk hasil akhir yang bebas goresan. Saat Anda membersihkan, lakukan bagian dalam dan luar jendela, dan turunkan sedikit untuk membersihkan strip di mana jendela dan segel bertemu. Kain bebas serat adalah yang terbaik untuk langkah ini.

Meskipun Anda telah mengeluarkan pembersih kaca, ada baiknya juga membersihkan cermin Anda. Setelah Anda selesai, mengoleskan cairan anti hujan atau lapisan anti-kabut dapat membantu meningkatkan visibilitas dan keamanan jika Anda mengemudi melalui kondisi cuaca yang lebih buruk atau lebih dingin dalam beberapa hari atau minggu setelah Anda membersihkan mobil.


Emkay Frizz Happy Sour

7. Roda

Salah satu bagian dari mobil yang rentan terhadap kotoran adalah roda. Debu rem dapat menempel pada velg dengan mudah, dan dapat dengan cepat menumpuk, membuat velg terlihat kotor saat bagian mobil lainnya bersih.

Anda dapat menggunakan busa salju pada roda dan ban pada saat yang sama saat Anda membersihkan bodi mobil, tetapi untuk debu rem yang terbakar, diperlukan pembersih velg khusus. Beberapa disemprotkan dan berubah warna untuk menunjukkan dengan tepat di mana kotoran itu berasal, dan ledakan dengan mesin cuci bertekanan dapat membantu mereka terlihat bersih dengan cepat.

Setelah dibersihkan, Anda dapat melapisi roda dengan lilin untuk membantu mencegah debu rem menumpuk di atasnya, sementara pengkilap ban yang baik dapat membantu karet Anda terlihat segar dari pabrik.

Iklan Backlink

8. Trim eksterior

Sebagian besar mobil modern kini hadir dengan bumper berkode warna, gagang pintu, dan kaca spion. Tetapi jika Anda memiliki mobil yang lebih tua atau 4×4, kemungkinan ada plastik hitam yang dipajang.

Sebagian besar pengkilap ban juga dapat digunakan pada potongan trim plastik ini, tetapi produk ‘pemulih trim’ khusus juga tersedia. Keduanya harus menawarkan perlindungan tambahan dari memudar melalui sinar ultraviolet dari matahari.

Untuk mobil yang bahkan lebih tua, Anda memerlukan pembersih trim krom. Ada banyak pemoles logam yang sempurna untuk digunakan pada pekerjaan terang eksterior, sementara lapisan lilin setelah dibersihkan juga akan membantu mencegah pudar atau berubah warna.

9. Interior

Dengan mobil Anda bersih di luar, saatnya interior juga bersih. Anda benar-benar membutuhkan penyedot debu tanpa kabel yang layak dengan seperangkat alat tambahan yang bagus untuk masuk ke semua sudut dan celah kabin mobil. Vakum genggam domestik terbaru cukup kuat untuk menyedot kotoran terburuk, dan memiliki daya baterai untuk membantu Anda memvakum mobil Anda dalam waktu singkat.

Ada baiknya menggeser kursi ke depan dan ke belakang untuk menyedot kotoran terburuk dari bawahnya, sementara membalik dan melipat kursi belakang – dan membuka baris paling belakang dengan tujuh kursi – juga dapat mengungkapkan puing-puing yang tersembunyi.

Iklan Hosting

Jangan lupa bootnya. Jika Anda dapat menghapus lantai boot, maka mungkin lebih cepat dan lebih mudah untuk mengeluarkannya, meletakkannya di tanah dan menjalankan pengisap di atasnya.

Jika Anda memiliki alat celah untuk vaksin Anda, gunakanlah. Semakin sempit, semakin baik, karena beberapa celah antara kursi dan terowongan transmisi bisa sangat sempit. Sebuah lampiran sikat bisa baik untuk mengangkat debu dari plastik, terutama bagian atas dasbor dan di antara ventilasi udara.

Setelah ini selesai, saatnya untuk membuka tisu. Tisu dasbor dapat meninggalkan lapisan matte atau kilap, tergantung pada apa yang Anda inginkan, dan sangat baik untuk membersihkan remah-remah atau tumpahan di cupholder dan tempat sampah pintu. Ada juga pembersih khusus yang tersedia untuk jok kain atau kulit, jadi Anda benar-benar bisa pergi ke kota.

10. Di bawah kap mesin

Jika Anda akan melakukannya, maka Anda sebaiknya masuk ke ruang mesin dan memberikan TLC juga. Salah satu bonusnya adalah jika garasi melihat ruang mesin Anda yang terawat baik, mereka mungkin akan memberikan perawatan dan perhatian yang sama pada mobil Anda. Tidak disarankan untuk menggunakan mesin cuci bertekanan di bawah sini, karena kerusakan yang dapat Anda lakukan pada komponen listrik atau komponen yang dilumasi.

Gunakan semprotan berbasis silikon untuk menghidupkan kembali selang dan kabel berlapis karet, sementara sedikit minyak pada komponen yang membutuhkannya dapat menambahkan sentuhan akhir lainnya.

Setelah Anda membersihkan mobil Anda, saatnya untuk menikmatinya! Mobil yang bersih dapat membuat Anda menjadi pengemudi yang lebih berhati-hati – lagi pula, jika Anda menghabiskan waktu seharian untuk membersihkannya dan membuatnya terlihat cerdas, Anda tidak ingin mobil itu sia-sia.


Emkay Frizz Happy Sour

Kesimpulan

Ikuti 10 cara dan langkah mudah mencuci mobil ini agar mobil Anda tetap bersih dan saat mencuci tidak menjadikan cat mobil semakin rusak parah.

 


Emkay Blast Lite merchandise

Related posts

Tips Cara Mudah Memilih Mobil Bekas Berkualitas

admin

5 Tips Mengendarai Motor dengan Aman dan Nyaman

Faqih Jafar

Cara Antisipasi Kecelakaan di Bus, Apa yang Harus Dilakukan

Leave a Comment