32.6 C
Jakarta
19 Februari, 2024
InfoTips

Boleh Gak Gardan Motor Matic Diisi Oli Mesin? Ini Jawaban Kepala Bengkel Resmi

Pertanyaan seputar penggunaan oli pada gardan motor matic seringkali menjadi tanda tanya bagi para pemilik kendaraan. Kali ini, Kepala Bengkel Resmi Honda atau AHASS, Wahyu Endro Utomo, memberikan penjelasan mengenai kebolehan mengisi oli mesin pada gardan motor matic. Yuk, simak penjelasannya!

Oli Gardan vs. Oli Mesin: Apa Bedanya?

Menurut Wahyu Endro Utomo, pada motor matic Honda, isi oli gardan sebenarnya sama dengan oli mesin. Hanya volume yang menjadi perbedaan utama antara keduanya. Oli mesin motor matic umumnya memiliki volume sekitar 800 ml, sedangkan gardan motor matic membutuhkan 100 ml hingga 240 ml, tergantung pada jenis motornya.

“Jadi, SAE-nya sama, sertifikasi JASO-nya sama, yang membedakan adalah volumenya,” ungkap Endro.

Frekuensi Penggantian Oli Gardan

Meskipun memiliki kesamaan dalam komposisi, oli gardan motor matic memiliki umur pemakaian yang lebih panjang daripada oli mesin. Endro menyarankan untuk mengganti oli gardan setiap tiga kali pergantian oli mesin. Sebagai perbandingan, jika pergantian oli mesin dilakukan setiap 2.000 km sekali, maka penggantian oli gardan motor matic disarankan pada 6.000 km sekali.

Hal ini disebabkan oleh kondisi pelumasan di gardan yang tidak terpapar panas dan kotoran sebagaimana yang terjadi pada pelumasan di mesin. Oleh karena itu, oli gardan cenderung tetap bersih dan memiliki umur pemakaian yang lebih lama.

Peran Oli Mesin di Gardan

Oli mesin pada gardan motor matic memiliki fungsi khusus, yaitu melumasi gir atau gigi rasio serta bearing. Saat penggantian oli, seringkali warna oli gardan masih tampak jernih, menandakan bahwa pelumas tersebut belum terkontaminasi oleh partikel kotoran atau efek panas.

Pemilihan Oli: SAE dan Sertifikasi JASO

Penting untuk diperhatikan bahwa pemilihan oli mesin untuk gardan motor matic sebaiknya tetap mengacu pada spesifikasi SAE dan sertifikasi JASO yang sama dengan oli gardan. Meskipun oli gardan Honda memiliki kesamaan spesifikasi dengan oli mesin, hal ini belum tentu berlaku untuk merek atau brand lain, karena kandungan oli dapat bervariasi.

Untuk menghindari kesalahan, pastikan oli yang digunakan memiliki SAE dan sertifikasi JASO yang sesuai. Dengan memperhatikan spesifikasi ini, Anda dapat dengan aman menggunakan oli mesin motor matic untuk gardan, asalkan sesuai dengan pedoman yang telah disarankan oleh kepala bengkel resmi.

Jadi, bolehkah gardan motor matic diisi oli mesin? Jawabannya adalah boleh, selama Anda memperhatikan volume, SAE, dan sertifikasi JASO yang sesuai. Dengan pemilihan oli yang tepat dan penggantian yang teratur, Anda dapat memastikan kinerja optimal dari gardan motor matic Honda Anda. Tetap perhatikan pedoman dari kepala bengkel resmi untuk merawat kendaraan Anda dengan baik.


Emkay Blast Lite merchandise

Related posts

Mengenal Jenis-jenis Oli Mobil dan Manfaatnya

Faqih Jafar

Trik Menghindari Pencurian Motor yang Paling Tepat

admin

Cara Tepat Membersihkan Muntah Dari Mobil Anda

Rumi

Leave a Comment