26.4 C
Jakarta
14 Juni, 2024
InfoMobilTips

10 Hal yang Harus Diperiksa Sebelum Mengendarai Mobil

Emkay Frizz Happy Sour

Sebelum memulai perjalanan dengan mobil, penting untuk melakukan pemeriksaan rutin agar mobil dapat beroperasi dengan aman dan efisien. Beberapa hal yang harus diperiksa sebelum mengemudi termasuk ban, sistem rem, cairan mesin, dan banyak lagi.

Dalam artikel ini, kita akan membahas 10 hal yang harus diperiksa sebelum mengendarai mobil untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan. Simak artikel ini untuk mengetahui apa saja yang perlu diperiksa sebelum Anda memulai perjalanan dengan mobil.

Iklan Hosting

mobil

baca juga: Mengenal Mesin Mobil: Cara Kerja, Fungsi, dan Perawatannya

 

10 Hal yang Harus Diperiksa Sebelum Mengendarai Mobil:

 

1. Ban dan Tekanan Udara

Periksa kondisi fisik ban, termasuk keausan dan kerusakan. Pastikan tekanan udara di dalam ban sesuai dengan rekomendasi pabrik untuk menjaga stabilitas dan efisiensi bahan bakar.

2. Sistem Rem

Periksa kinerja rem mobil, termasuk keausan kampas rem dan level cairan rem. Rem yang baik sangat penting untuk keamanan saat mengemudi.


Emkay Frizz Happy Sour

3.Cairan Pendingin Mesin

Periksa level dan kebersihan cairan pendingin mesin. Pastikan tidak ada kebocoran dan level cairan sesuai dengan batas yang ditentukan.

4. Minyak Pelumas Mesin

Periksa level minyak pelumas mesin. Pastikan level minyak berada di antara tanda minimum dan maksimum pada tongkat ukur minyak.

Iklan Backlink

5. Sistem Pencahayaan

Periksa semua lampu eksterior dan interior, termasuk lampu depan, lampu rem, lampu belakang, serta lampu sein. Pastikan semua lampu berfungsi dengan baik.

6. Wiper dan Cairan Washer

Periksa kebersihan dan keausan karet wiper. Pastikan wiper dapat membersihkan kaca dengan baik. Jangan lupa mengisi cairan washer untuk membersihkan kaca depan saat berkendara.

7. Kaca dan Cermin

Periksa kebersihan dan kejernihan kaca depan, kaca samping, dan kaca belakang. Periksa juga cermin interior dan eksterior untuk memastikan visibilitas yang baik.

8. Sistem Kemudi

Periksa responsifitas dan kestabilan kemudi. Pastikan tidak ada kebocoran pada sistem kemudi dan kelincahan roda saat berbelok.

9. Seatbelt

Periksa kondisi seatbelt atau sabuk pengaman. Pastikan seatbelt dapat terkunci dengan baik dan tidak ada kerusakan pada gesper dan bahan.

10. Instrumentasi dan Kontrol

Periksa panel instrumen dan kontrol di dalam mobil. Pastikan semua indikator dan kontrol berfungsi dengan baik, seperti pengukur bahan bakar, indikator suhu, dan indikator kecepatan.

Kesimpulan

Memeriksa hal-hal di atas sebelum mengendarai mobil adalah tindakan yang bijaksana untuk memastikan keamanan dan kenyamanan selama perjalanan. Selalu lakukan pemeriksaan rutin dan perawatan berkala pada mobil Anda agar dapat menghindari potensi masalah di jalan. Keselamatan adalah prioritas utama saat berkendara.


Emkay Blast Lite merchandise

Related posts

Waspada Bahaya Snow Blindness dan Cara Pencegahan

admin

10 Ciri-Ciri Mobil Bekas Banjir, Sekali Lihat Langsung Ketahuan

admin

Cara Cek Tarif Tol Baru Beserta Tarifnya Berikut

admin

Leave a Comment