27.8 C
Jakarta
2 Desember, 2022
Motor

Mengenal Modif All New Yamaha R15 dan Keunggulannya

Modif All New Yamaha R15 saat ini menjadi tren karena kepraktisannya. Bahkan, motor sport kopling tetap memiliki peminat dan pasarnya. Banyak sekali yang menggunakan motor sport kopling dari Yamaha.

Baca juga: Alasan Memilih Toyota Innova Listrik yang Penting Diketahui

Memang nama Yamaha memiliki tempat tersendiri. Salah satu andalan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yaitu All New Yamaha R15. 

Keunggulan Modif All New Yamaha R15

Mengenal Modif All New Yamaha R15 dan Keunggulannya_Keunggulan Modif All New Yamaha R15

Modifikasi All New Yamaha R15 ini bisa langsung merayu konsumen Indonesia dengan berbagai macam keunggulannya. Yamaha R15 termasuk salah satu produk unggulan Yamaha di kelas 150 cc. 

Bahkan, juga menjadi salah satu motor sport kelas menengah yang banyak sekali diidolakan oleh pecinta kuda besi full fairing. Jika dilihat dari harganya, model ini memang lebih mahal ketimbang pesaingnya. 

YIMM juga telah menetapkan harga Rp 36,080 untuk versi standar dan Rp 37,685 juta untuk MotoGP Edition. Angka ini jauh lebih tinggi dari Honda CBR150R yang dihargai mulai Rp 35,3 juta hingga MotoGP Edition ABS seharga 40,2 juta. 

Bahkan, memang jauh bila dibandingkan Suzuki GSX-R150. Andalan dari Suzuki ini paling murah ada di angka Rp 30,6 juta hingga versi ABS Rp 34,6 juta. Jadi di luar itu ada faktor plus yang dimiliki oleh Yamaha R15. Bagi Anda yang saat ini tertarik untuk memboyongnya. Maka harus simak dulu lima keunggulan utama R15, yaitu:

Desain

Tampilan ini memiliki modal awal bagi semua merek untuk menarik perhatian konsumen. Apabila poin ini gagal, maka bisa dipastikan orang tidak akan ingin mencari info lebih lanjut terkait motor tersebut. 

Yamaha telah sukses dalam hal ini. Bahkan, pabrikan garpu tala ini sudah membungkus R15 dengan desain yang lebih segar dan sporty. Perbedaan hanya terletak dengan model terdahulu yang terlihat kaku.

Konstruksi

Modif All New Yamaha R15 ini tetap bertahan dengan pemakaian rangka deltabox. Konstruksi ini juga sudah terbuat dari bahan aluminium yang ringan dan kuat. 

Keunggulan Konstruksi

Bahkan, bersifat kaku dan mempunyai fungsi untuk mendukung tingkat stabilitas berkendara. Distribusi bobot dari sasis model ini sudah dipercaya 50:50 antara depan dan belakang.

Selain itu, dimensinya juga lumayan sekitar 1.990 x 725 x 1.135 mm (PxLxT). Sementara itu, jarak sumbu roda 1.325 mm dan mempunyai bobot 137 Kg. Selain itu, untuk kapasitas tangki dapat menampung bahan bakar sampai 11 liter. 

Tinggi dari jok sudah mencapai 815 mm dan jarak terendah ke tanah 155 mm. Angka ini sudah dinilai cukup sesuai dengan postur tubuh rata-rata orang Indonesia. Sehingga akan mudah dikendarai tanpa harus jinjit. 

Mesin

Modif All New Yamaha R15 sudah menggendong mesin 155 cc satu silinder SOHC, 4-stroke, 4 Valve. Bahkan, sudah ada liquid-cooled dan berteknologi Variable Valve Actuation (VVA). 

Adanya teknologi andalannya itu, torsinya merata di setiap putaran mesin. Tenaga ini memiliki maksimum sampai 19,3 hp di 10.000 rpm. Sementara itu, modifikasi All New Yamaha R15 torsi yang mencapai 14,7 Nm di putaran 8500 rpm. 

Bahkan, ada daya tersalur melalui transmisi manual 6 percepatan. Bagian jeroan juga tidak akan luput dari teknologi canggih. Sementara itu, sudah disematkan dengan Forged Piston dan Diasil (die aluminium silicon) Cylinder. 

Keunggulan Mesin

Modif All New Yamaha R15 ini dipercaya jauh lebih kuat, ringan dan durabilitas baik. Sebab, sudah menggunakan piston yang telah dibuat dengan sistem tempa. Bahkan, dari material aluminium dengan silikon bisa digunakan untuk ruang pembakaran. Kelebihan di sektor mesin berikutnya berupa Assist & Slipper Clutch. 

Fungsi utamanya ini akan membuat beban kopling semakin berkurang dan mempengaruhi pergantian gigi menjadi lebih mudah. Sementara itu, ada perpindahan gear naik maupun turun terasa halus, sehingga akselerasi akan lebih responsif. 

Fitur

Teknologi modif All New Yamaha R15 berikutnya ada pada panel instrumen. Bahkan, sudah ada desain dengan gaya racy dan mewah.

Hal ini karena telah mengadopsi full digital dan disisipi dengan shift timing light. Isinya juga terbilang lengkap, gear position, takometer, petunjuk kecepatan, fuelmeter, odometer, setta tripmeter. 

Terdapat juga average fuel economy, setting model serta jam digital. Sementara itu, ada shift timing light yang berguna sebagai tanda tepat bagi pengendara untuk pindah gigi. 

Menariknya lagi, sudah tersedia tiga pilihan nyala, berkedip cepat, berkedip lambat serta menyala tanpa kedipan. Anda juga dapat langsung menyetel sendiri kapan akan mulai menyala dan kapan harus mati. 

Terdapat fitur lampu hazard, yang berguna sebagai tanda ketika keadaan darurat. Bahkan, juga digunakan saat motor berada di tepi jalan, bukan dalam keadaan berjalan ataupun bertemu simpangan. 

Kaki-Kaki

Modif All New Yamaha R15 termasuk motor sport 150 cc yang sangat komplet. Selain memiliki mesin dan fitur, di bagian ini juga lebih unggul ketimbang kompetitor. Suspensi depan telah upside down dan diameternya terbilang besar sekitar 37 mm. 

Pemakaian peranti ini selain untuk menghindari bunyi ‘jedug’ atau bottoming. Ternyata juga membuat redaman terhadap getaran jadi lebih baik. Bahkan, belakangnya sudah menggunakan swing arm alumunium model banana. 

Lengan ayun ini juga telah dikombinasikan dengan monoshock sistem link. Efek dari getaran jalan tidak rata dapat teredam secara maksimal. Kedua part ini juga membuatnya kental sebagai aura moge. Selain itu, dampak langsungnya juga dapat dirasakan manuver makin presisi terutama di kecepatan tinggi.

Bahkan, sudah didukung ban lebar, sehingga membuat area kontak dengan aspal makin luas, jadi handling lebih stabil. Depannya modif All New Yamaha R15 sudah memiliki 100/80-17 dan belakang 140/70-17. 

Kulit bundar ini sudah dipasang pada pelek dengan tapak 2,50 di depan, dan belakang 4,00. Agar bisa memberikan kemudahan dalam mengontrol laju, dipasangkan juga rem cakram depan maupun belakang. 

Depan juga sudah menggunakan Wide Front Disc Brake berdiameter 282 mm dengan kaliper 2 piston. Bahkan, belakangnya sebesar 220mm yang dijepit 1 kaliper piston. 

Beragam Modifikasi Yamaha R15 dari MotoGP

Mengenal Modif All New Yamaha R15 dan Keunggulannya_Beragam Modifikasi Yamaha R15 dari MotoGP

 

Saat ini Yamaha mengatakan sudah mempunyai target pasar usia 17-25 tahun. Bahkan, segmen kelas menengah, sudah menjadi penyuka sporty dan beraktifitas perkotaan.

Fakta lainnya modif All New Yamaha R15 dikenal sebagai YZF-R15. Bahkan, menjadi salah satu pelopor motor sport fairing 4 tidak terkecil di Indonesia.

Melalui kapasitas mesin 150 cc, Yamaha R15 sudah dipasarkan mula-mula seharga Rp 28 Juta. Tidak hanya itu saja, versi mula ini juga hadir dalam beberapa model penyegaran.

Generasi ke 2 Yamaha R15

Generasi ke 2 Yamaha R15 hadir pada 2017, menjadi model yang dijual sampai saat ini. Dengan nama All New Yamaha R15, motor ini sudah diluncurkan di Sirkuit Sentul dengan menghadirkan pembalap MotoGP Maverick Vinales.

Bahkan, ada generasi terbaru ini modif All New Yamaha R15 mempunyai desain yang agresif. Desain ini jauh lebih rendah dari generasi sebelumnya namun sedikit lebih lebar. 

Tidak lupa, Yamaha ini sudah melengkapi generasi ke 2 R15 dengan suspensi depan upside down. Namun tetap akan mempertahankan desain deltabox, aluminium swing arm serta monoshock model link.

Sementara itu, motor ini sudah dilengkapi fitur lebih lengkap dengan disematkannya teknologi Variable Valve actuation (VVA). Bahkan, sudah ada lampu-lampu full LED. 

Jadi tidak heran harganya saat itu terdongkrak menjadi Rp. 34 -36 jutaan on the road Jakarta. Seiring dengan berjalannya waktu, modif All New Yamaha R15 terus membuat penggemarnya membanjiri arena kontes modifikasi motor dengan berbagai macam aliran.

Inspirasi Modifikasi Yamaha R15

Parts aftermarket Yamaha R15 juga sudah langsung berkembang pesat dan rilis dalam berbagai merek dan model. Hal ini sudah didukung oleh bengkel baik kecil dan besar yang telah menyediakan parts.

Ubahan modifikasi ini paling banyak digunakan oleh para pemilik Yamaha R15, yaitu mengganti kaki dengan model racing atau tapak lebar. Bahkan, memiliki knalpot agar suara garang.

Hal lainnya adalah mengoptimalkan sektor mesin agar performa jauh lebih memuaskan di jalanan. Pemilik dari R15 juga seringkali mencopot spakbor belakang agar tampilan tampak lebih racy.

Modifikasi dari Sporty yang Banyak Dikembangkan

Mengenal Modif All New Yamaha R15 dan Keunggulannya_Modifikasi dari Sporty yang Banyak Dikembangkan

Tampang dari standar modif All New Yamaha R15 saat ini sudah sporty banyak dikembangkan oleh pemilik menjadi seperti motor balap. Biasanya ubahan ini mengganti kaki-kaki dengan tapak sedikit lebih lebar.

Bahkan, pemakaian knalpot racing, mencopot spakbor dan mengganti dengan yang lancip. Biasanya tidak akan sekotor mesin yang diupgrade dengan mengoprek settingan ECU pabrikan. 

Bahkan, untuk mendongkrak tampilan sporty, modif All New Yamaha R15 biasanya juga dibuat hedon. Contohnya saja, dengan menggunakan material carbon pada cover engine serta body-body.

Selain itu, ada bagian kokpit yang dibuat lebih bergairah dengan pemasangan handle rem dan kopling. Bahkan, sudah ada stang, dan speedo meter dengan merek papan atas khas Thailand.

Bagi Anda yang memiliki budget lebih, tinggal bawa motor ke bengkel kustom untuk melakukan fitting. Sementara itu, ada desain tangki dan buntut beserta aksesoris lainnya. 

Pada intinya, dalam modifikasi, konsep lebih penting ketimbang budget. Biaya ini akan pas bila dilakukan dengan konsep matang akan menghasilkan motor yang enak dipandang dan dikendarai. 

Baca juga: Toyota Raize, Kendaraan Berkualitas untuk Semua Kalangan

Meskipun bisa dengan menggunakan produk after market. Bahkan, dengan budget besar, tidaklah menentukan modifikasi yang proper. Jadi bila salah perhitungan pemasangan modif All New Yamaha R15 dijamin tidak akan nyaman dan tidak nyaman dikendarai.

  


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Related posts

15 Jenis Motor Custom Terlengkap (Café Racer, Scrambler, Bobber, dll), Punya Salah Satunya?

admin

Tips Modifikasi Motor Dengan Budget Minim Hasil Maksimal

admin

Kepopuleran Modifikasi Motor Matic, Aman Nggak Si?

admin

Leave a Comment

Generated by Feedzy