25.8 C
Jakarta
2 Desember, 2022
Motor

Suzuki Hayabusa 2022 Menjaga Legenda Tetap Hidup

Ada banyak penggemar sepeda motor yang menganggap Suzuki Hayabusa sebagai sepeda motor terbaik yang pernah dibuat, dan mereka mungkin benar, tergantung bagaimana Anda mengukurnya. Tetapi Hayabusa memiliki serangkaian kebiasaan uniknya sendiri yang mungkin membuatnya bukan sepeda motor pilihan untuk semua orang. Anda harus mengetahui semua tentangnya dan menyukai sejarah dan karakternya sebelum Anda ikut menyebutnya sebagai sepeda motor terbaik yang pernah dibuat.

Hayabusa pertama keluar pada tahun 1999 dan segera memecahkan rekor untuk sepeda motor stok tercepat yang pernah dibuat pada 186 mph. Atau mungkin itu 194 mph. Sumber berbeda. Tapi itu cepat. Ini juga dengan cepat menjadi favorit pembalap drag, yang menggunakan wheelbase panjang dan panjang untuk peluncuran roket yang stabil di strip. Sekali lagi, sumber tidak setuju tetapi beberapa mengutip waktu seperempat mil untuk Hiyabusa generasi pertama yang asli di bawah 10 detik langsung dari kotak. Cycle World mencatat waktu 0-60 mph 2,47 detik pada tahun 2002.

Jadi dengan angka-angka yang membuat para penggemar sepeda pingsan, Hayabusa segera menjadi legenda dan tetap seperti itu di benak banyak penggemar yang tumbuh bersamanya.

Generasi kedua keluar pada tahun 2008 dengan mesin yang direvisi dan bahkan lebih bertenaga yang menghasilkan 194 hp, naik empat dari generasi pertama.

Dan sekarang, lihatlah, Suzuki Hayabusa generasi ketiga. Kita harus senang bahwa itu bahkan di sini, karena peraturan emisi yang semakin ketat di seluruh dunia hampir membunuhnya. Untuk memenuhi reg itu—kebanyakan Euro 5tetapi orang lain di seluruh dunia juga—para insinyur harus berjuang untuk menghasilkan keseimbangan kinerja mesin dengan gas buang yang jernih yang akan menyenangkan para birokrat pemerintah tanpa kehilangan kepercayaan orang-orang yang setia. Kompromi diperlukan melalui seluruh mesin dari atas ke bawah, penyetelan untuk kinerja dan knalpot bersih tetapi juga menghilangkan kelebihan berat di hampir setiap komponen. Ketika semua dikatakan dan dilakukan, melintang-empat berpendingin cairan 1340 cc sebenarnya menghasilkan lebih sedikit tenaga kuda dan torsi, tetapi melewati Euro 5. Hore! Output mesin baru adalah 187 hp pada 9750 rpm dan 110 lb-ft pada 7000 putaran. Itu turun dari 194 hp dan 114 lb-ft, tetapi Anda hanya akan melihat naik di bagian atas tach. Anda akan benar-benar memperhatikan jika tidak ada Hayabusa sama sekali. Jadi saya katakan ini adalah tradeoff yang berharga.

Perubahan yang lebih signifikan adalah pengenalan rangkaian besar elektronik yang akan menyelamatkan kulit Anda yang terbungkus kulit, atau memungkinkan Anda untuk melayang dan meluncur di jalan sebanyak atau sesedikit yang Anda inginkan. Untuk tahun 2022, ‘Busa mendapatkan IMU, atau unit pengukur inersia , semacam telinga bagian dalam untuk sepeda motor yang mengukur pitch, yaw, dive, squat, slip, lift, dan banyak hal lainnya. IMU bekerja bersama dengan ABS, kontrol traksi, dan yang lainnya di Suzuki Intelligent Ride System, atau SIRS. Ini adalah Proyek elektronik Forbin yang melakukan banyak pemikiran dan tindakan untuk Anda—atau yang memungkinkan Anda melakukannya sendiri. Pilihanmu. Ada penyesuaian yang tersedia untuk mengatasi hampir semua hal yang mungkin coba dilakukan sepeda motor: wheelie 10 tahapkontrol, kontrol peluncuran tiga tahap, tiga pra-setel dan tiga mode daya yang dapat disesuaikan, kontrol rem engine tiga tahap, kontrol perpindahan naik-turun (dua arah) dua tahap, ABS menikung, kontrol jelajah, pembatas kecepatan aktif, bukit -kontrol tahan, dan kontrol penurunan kemiringan untuk menjaga roda belakang tetap di tanah saat Anda mengerem menuruni bukit.

  • Ketika Suzuki Hayabusa memulai debutnya pada tahun 1999, itu adalah sepeda motor stok tercepat yang pernah dibuat, dengan kecepatan tertinggi 186 mph.
  • Untuk memenuhi standar emisi Euro 5 yang ketat , Suzuki merevisi mesin, menyetel kinerja dan knalpot yang bersih, tetapi juga menghilangkan kelebihan berat di hampir setiap komponen.
  • Hayabusa juga mendapatkan rangkaian elektronik, termasuk unit pengukur inersia yang mengukur pitch, yaw, dive, squat, slip, dan lift.

Jika ada yang salah selama perjalanan Anda, itu bukan kesalahan sepeda.

Banyak pembeli mungkin mengharapkan Hayabusa datang dengan kontrol sasis aktif. Itu tidak. Tetapi pengaturan KYB pada motor terasa tepat hampir sepanjang waktu. Suzuki mengaturnya sejak awal.

Hal lain yang menonjol adalah jarak sumbu roda. Itu panjang. Pada 58,3 inci, sebenarnya setengah inci lebih pendek dari dua generasi sebelumnya, tetapi terkadang Anda masih merasa seperti mengendarai kendaraan roda 18 yang membawa kayu gelondongan , terutama saat pertama kali mencobanya. Dengan demikian, itu tidak pernah benar-benar terasa seperti motor sport sejati. Kata-kata terbaik untuk menggambarkannya mungkin adalah drag bike dengan kemampuan sporty. Sudut kemudi direvisi untuk meningkatkan stabilitas kecepatan tinggi, tetapi tidak pernah benar-benar terasa seperti (mengisi motor sport yang kosong).

Bagaimana rasanya , Anda bertanya? Seperti yang terbaik dari kebanyakan dunia.

Lemparkan kaki di atasnya dan Anda akan langsung merasa nyaman. Angkat dari penyangganya dan Anda akan merasakan semua bobotnya yang 586 pon (diukur dengan tangki penuh, btw). Itu empat pon lebih banyak dari sebelumnya tetapi sekali lagi, Anda tidak akan melihat perbedaan antara ‘Busa generasi kedua dan ini. Anda akan melihat perbedaan antara ini dan hampir semua motor sport murni. Beratnya seratus atau dua pon lebih banyak daripada sepeda motor sport tradisional.

Mulailah dengan menekan satu tombol start dan itu mendengung dengan baik untuk hidup.

Begitu Anda mengaktifkan kopling dan melepaskannya, Anda harus—jika Anda seperti saya atau sejumlah pengendara yang pernah mengendarainya—jatuh cinta dengan mesinnya. Ini adalah mesin paling halus dan paling mudah diakses daya yang pernah saya putar throttle. Kerja kopling, pengikatan, dan pengiriman tenaga dan torsi yang mulus di seluruh takik luar biasa—di mana pun Anda berada dalam rentang putaran, tampaknya memiliki jumlah tenaga dan torsi yang tepat. Saya bertanya kepada Suzuki mengapa mereka tidak memasukkan mesin ini ke sesuatu yang lain, apa pun. Tidak ada rencana. Yang lain telah menggunakan 1340cc Hayabusa untuk menggerakkan segalanya mulai dari replika Lotus Seven hingga mobil balap Radical SR8. Insinyur terkenal yang berubah menjadi pembalap Dave Coleman bahkan memasukkan satu ke dalam Frankensteined Miata dan menggunakannya untuk Lemons Racing, cukup berhasil. Itu bagus. Transmisi berpindah dengan sangat mudah dan mudah sehingga Anda bahkan tidak memikirkannya. Di lintasan lurus, motor tidak terkalahkan. Bikin pengen banget bawa ke event AMA Dragbike dan masuk kelas bracket racing.

Di jalan pegunungan yang berkelok-kelok memang terasa agak berat dan panjang, tetapi tetap dapat dikendalikan dan sangat menyenangkan sepanjang perjalanan. Anda pasti bisa bersenang-senang di perbukitan dengan Hayabusa. Bergantung pada seberapa nyaman Anda mendorong batas sepeda, Anda dapat mulai mengotak-atik semua penyesuaian elektronik untuk menemukan pengaturan Anda, bahkan memprogram set kalibrasi Anda sendiri ke dalam memori sepeda, satu untuk tikungan, satu untuk jalanan, dan satu untuk drag balap.

Posisi berkendaranya sendiri hanya sedikit lebih tegak dibandingkan motor sport, tetapi Anda tetap harus condong ke depan untuk meraih palang. Suzuki mendaftarkan sport touring sebagai salah satu opsi yang tersedia bagi pemilik dan penggemar Hayabusa, tapi saya pikir itu mungkin optimis. Saya mengatakan bahwa, namun seingat saya, setiap kali saya membawa sepeda motor jarak jauh, saya hampir selalu menabrak tangki bensin yang terselip di belakang kaca depan yang melilitkan gas pada sepeda apa pun yang saya miliki. Jadi mungkin sport touring, dengan kecepatan yang konyol, adalah sebuah kemungkinan.


Hari Gini Belum Punya Website? Bikin Website Sekarang, Dapatkan Harga Spesial Khusus Hari Ini

Related posts

Tips Modif Motor Keren dengan Budget Hemat!

admin

Cek Daftar Harga dan Spesifikasi Motor Matic Terbaru dan Terbaik, Di Sini!

Marsyaviani Darestuti

Aksesoris Modif Honda ADV 150, Tips beserta Keuntungan

admin

Leave a Comment