31.3 C
Jakarta
20 Mei, 2024
InfoTips

Tips Merawat Mobil Supaya Tidak Cepat Rusak

Emkay Frizz Happy Sour

Tips merawat mobil yang benar penting untuk diketahui terutama bagi mereka yang memiliki mobil supaya awet dan tidak cepat rusak. Sesungguhnya merawat mobil tidaklah sulit, hanya perlu melakukan pemeriksaan dan penggantian komponen secara berkala.

Jika servis dilakukan secara rutin, maka mobil akan nyaman untuk dipakai kapan saja dan kemana saja.

Tips Merawat Mobil Biar Awet dan Kinclong

Beberapa tips atau cara merawat mobil berikut dapat dijadikan sebagai panduan dalam merawat kendaraan supaya tetap kinclong dan awet.

1. Cek Aki dan Memanaskan Mesin Secara Berkala

Cek aki dan memanaskan mesin secara berkala merupakan tips merawat mobil yang pertama. Merawat aki dapat dilakukan di rumah dengan mudah, yaitu panaskan mobil paling tidak 1-2 kali dalam seminggu untuk menjaga daya yang tersimpan pada aki.

Karena mobil yang tidak dipakai setiap harinya akan mengalami pengurangan daya sekitar 3 persen dari kapasitasnya. Ketika memanaskan mobil, pastikan asap knalpot mobil tidak mengarah langsung ke dalam rumah.

Apabila mobil tidak dipakai dalam jangka waktu lama, maka aki bisa dicabut untuk mengurangi potensi aki soak.

Iklan Hosting

2. Angkat Wiper

Angkatlah wiper ketika mobil tidak sedang dipergunakan, jangan dibiarkan dalam posisi tidur untuk menjaga kelenturan karetnya. Bila posisinya terangkat, maka karet wiper lebih rileks sehingga lebih baik selalu mengangkat wiper saat mobil di parkir.

3. Perhatikan Tempat Parkir

Parkir mobil harus benar supaya kendaraan tidak cepat rusak, pilihlah lokasi tertutup. Apabila tidak memiliki garasi, pastikan mobil tidak terkena sinar matahari langsung itu merupakan tips merawat mobil selanjutnya.

Karena parkir di bawah sinar matahari langsung dapat membuat cat mobil mudah pudar dan kusam.

Selain itu, membahayakan komponen lainnya seperti wiper serta lis kaca mobil yang terbuat dari karet. Sering terkena panas dari sinar matahari dapat membuat kondisi karet-karet cepat getas.

Pastikan juga lokasi parkir aman dan terpantau, jika diperlukan tambahkan kunci tambahan setir kendaraan dan alarm.

Untuk keamanan, aktifkan rem tangan walaupun parkir dalam bidang jalan yang rata. Pada mobil transmisi matik, pastikan ada di posisi P (Parking) untuk mencegah mobil bergerak ketika parkir.


Emkay Frizz Happy Sour

4. Lindungi Mobil ketika Jarang Dipakai

Jika mobil tidak digunakan dalam waktu lama serta tidak ada lahan tertutup untuk diparkirkan, gunakanlah pelindung mobil atau cover mobil yang waterproof.

Sehingga jika turun hujan, tidak perlu khawatir karena mobil akan terlindungi. Begitu juga ketika panas, mobil tidak akan tekena sinar matahari yang bisa merusak mobil.

Iklan Backlink

5. Ganti Oli Transmisi Secara Berkala

Tips merawat mobil berikutnya, perhatikan komponen transmisi dengan cara menggantinya secara berkala. Waktu ganti oli transmisi memang lebih lama dibandingkan ganti oli mesin yaitu sekitar 30 ribu Km hingga 50 ribu Km, baik untuk transmisi matik, manual, hingga CVT.

6. Menjaga Kebersihan Mobil

Walau jarang digunakan, sebaiknya tetap menjaga kebersihan baik sisi eksterior maupun interior mobil paling tidak seminggu sekali.

Pastikan setiap sudutnya dicuci bersih, termasuk bagian kolong. Setelah bersih, kemudian keringkan dengan lap untuk mencegah terjadinya karat di komponen-komponen metal, serta mencegah noda air pada bodi mobil yang membuat tampilannya menjadi kusam.

7. Mengganti Oli Mesin Secara Berkala

Oli mesin adalah bagian penting yang berpengaruh pada performa mobil sehingga perlu dirawat dan diganti secara rutin. Jika terdapat bagian yang rusak karena oli mesin yang tidak diganti secara rutin, biaya untuk perbaikannya akan sangat besar.

8. Mengecek dan Ganti Filter Udara

Memperhatikan filter udara merupakan tips merawat mobil selanjutnya. Jika filter udara dalam kondisi kotor, bisa berdampak pada performanya.

Filter yang tidak dibersihkan secara berkala juga dapat mempengaruhi efisiensi penggunaan bahan bakar. Cara merawat filter mobil adalah dengan menggunakan kompresor untuk filter udara mobil yang terbuat dari kertas.

Untuk filter yang terbuat dari stainless, lap bagian filter dengan kain yang sedikit basah untuk menghilangkan kotoran serta debu yang menempel.

Iklan Hosting

9. Cek Bagian Karet pada Pintu dan Jendela

Pada bagian pintu dan jendela mobil terdapat seal berbahan karet, jika terlihat kotor atau berdebu, bersihkan menggunakan kuas dan lap sampai kotoran hilang.

Hindari membersihkan dengan oli karena bisa membuat seret bagian karet jendela mobil. Gantilah karet-karet untuk membuat kondisi mobil secara keseluruhan menjadi prima cara tersebut merupakan tips merawat mobil supaya lebih awet.

10. Perhatikan Tekanan Angin Ban

Walau jarang dipakai, wajib mengecek tekanan angin ban karena tekanan angin ban akan berkurang terutama di garasi berlantai keramik. Sehingga sebelum mobil diparkir lama, tambahkan tekanan angin sekitar 5 persen dari normal atau gerakkan mobil maju mundur walau diparkiran.


Emkay Frizz Happy Sour

11. Perhatikan Air Radiator

Mengecek ketinggian air radiator merupakan tips merawat mobil berikutnya. Lakukanlah dalam kondisi mesin mobil masih dingin.

Pastikan air radiator dalam batas maksimal dan isilah air radiator dengan corong serta cairan khusus untuk mengoptimalkan proses pendingan mesin.

Untuk membuat mobil lebih awet serta kinclong maka lakukanlah tips merawat mobil tersebut yang mudah dipraktekkan.


Emkay Blast Lite merchandise

Related posts

Yamaha Qbix 125, Motor Unik Penantang Honda Scoopy! Fitur Lebih Canggih & Modern

admin

Cara Mengajukan Kredit Motor Beserta Tips dan Syaratnya

admin

Wajib Tahu, Mengapa Mesin Bus Tetap Menyala saat Berhenti?

admin

Leave a Comment