30.5 C
Jakarta
14 Juni, 2024
Info

Mengenal Bagger 288 Ekskavator dan Kendaraan Darat Terbesar Didunia

Emkay Frizz Happy Sour

Kali ini kita bakalan membahas tentang excavator yang menjadi alat berat yang sangat bermanfaat serta banyak digunakan, terutama dalam pekerjaan yang membutuhkan tenaga besar. Contohnya seperti pertambangan pembangunan dan juga gedung-gedung yang sangat besar. Yang pastinya semakin besar projekannya sudah pasti excavator atau alat berat ini akan memiliki bentuk yang sangat besar, serta bobot yang sangat-sangat berat pula. Karena nyatanya banyak juga loh excavator yang memiliki size di luar Nalar manusia normal.

Tentunya alat sebesar excavator tidak bisa digunakan sembarangan, karena memerlukan perizinan dan skill penggunaan yang tinggi. Prosedur tersebut dibuat untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Dan yang paling utama agar alat tersebut bisa beroperasi sebagaimana mestinya. Nah terus apa sih ekskavator itu?

Iklan Hosting

Apa itu Ekskavator

Eskavator merupakan alat berat yang umumnya memiliki bentuk dan bobot bervarian. Konotasinya itu dengan beban kerjanya sendiri. Oleh karena itu bagian-bagian dari excavator sendiri terbagi menjadi beberapa bagian penting yang sangat menentukan performanya. Dimulai dari area Boom atau bahu, lalu ada am atau lengan dan juga bucket yang dimana nantinya semua bagian ini akan dioperasikan menggunakan tenaga hidrolis, yang digerakkan oleh mesin diesel yang terletak di bagian traksu atau biasa disebut rantai excavator.

Pastinya ada banyak sekali keuntungan yang dimiliki oleh mesin ini seperti menggali tanah dengan cangkulan yang lebih luas dan dalam. Lalu bisa digunakan sebagai breaker atau pemecah batu. Sluping membersihkan lumpur di dasar sungai. Ataupun membersihkan sungai dari sampah-sampah, yang dibuang oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

begger 288

Alat berat excavator memiliki ukuran yang cukup beragam. Dimulai dari yang terkecil hingga yang terbesar. Tapi jelas ada satu excavator yang mendapatkan julukan sebagai kendaraan darat terbesar di dunia. Yakni Bagger 288. Kendaraan ini mendapatkan julukan sebagai kendaraan darat terbesar di dunia. Dengan berat dan juga ukurannya yang jelas lebih besar dari rata-rata rumah di dunia. Oleh karena itu hampir semua media memuji kehebatan dan ketangguhan dari mesin ini.

Bagger 288 sendiri dibuat oleh perusahaan asal Jerman bernama Thyssenkrupp yang ditujukan untuk perusahaan pertambangan dan energi bernama Rheinbraun. Mesin ini khusus dibangun untuk menyibak bagian pada permukaan tanah, sebelum dilakukannya penambangan batubara, yang berlokasi di Jerman.


Emkay Frizz Happy Sour

Spesifikasi Begger 288

Kalau ngomongin soal kualitas rasanya Jerman itu nggak ada lawan, terbukti dari performa yang bisa dilakukan oleh Begger 288 ini. Mesin ini memiliki kemampuan untuk menggali 240.000 ton setiap harinya. yang jika kita Gambarkan kurang lebih hampir setara luasnya dengan luas lapangan sepak bola yang digali sedalam 30 meter. Perlu dicatat ini untuk kemampuan per hari. Performa tersebut bisa diraih berkat spesifikasi yang memiliki panjang sekitar 220 meter.

Ukurannya ini setara dengan panjang Patung Liberty di Amerika Serikat dengan ketinggian sekitar 96 meter. Sang Raksasa ini memiliki bobot sekitar 13,5 ton atau kalau kita coba compare dengan mobil kurang lebih perbandingannya itu sekitar 1 excavator ini berbanding dengan 8.500 unit MPV. Tentunya untuk menggerakkan alat sebesar ini maka jelas diperlukan tenaga yang gak sedikit. Begger 28 ini juga disuplai oleh listrik sebesar 16.58 megawatt, yang akan dipasok dari luar. Serta roda excavator yang dijalankan oleh 4 motor dengan kekuatan 840 KW.

Iklan Backlink

Tapi walaupun begitu Jangan harap mesin ini bisa bergerak dengan cepat. Karena faktanya kalau diadu dengan kura-kura pun jelas masih lebih kencang kura-kura. Kecepatan dari bigger 28 ini sekitar 0,1 hingga 0,6 km/jam. Dimana kalau kita coba teliti kura-kura aja punya kecepatan jalan yang bisa mencapai 1,6 km/jam. Dari awal desainnya begger 288 ini bukan diciptakan untuk bergerak dengan cepat, melainkan untuk menggali dengan skala yang sangat besar. Begger 288 ini sendiri telah beroperasi di tambang batubara terbuka yang terletak di gors willer Jerman sejak tahun 2001. Lalu digunakan juga di pertambangan batubara hambak yang letaknya kurang lebih sekitar 22 km dari Gors willer.

bagger 288

Walaupun alat ini memiliki performa yang cukup diakui nyatanya. Doi punya teknologi yang cukup tua loh . mengingat kalau Begger 288 ini dibangun pada tahun 1978 silam, yang sebelumnya dirancang untuk menggantikan alat berat lainnya yang bernama Big Musky. Tapi walaupun tua faktanya banyak juga orang yang berani berasumsi Begger 288 ini dapat dengan mudah untuk meratakan gunung. Hal ini dikarenakan kemampuannya yang luar biasa, berkat roda raksasa sebagai alat utamanya. Hal ini juga didukung dari kinerja dari roda berulir serta bucket sebagai Scope, yang mampu memindahkan 8,5 juta feet kubik tanah dalam satu hari.

Tapi walaupun memiliki performa yang hebat, Kenapa alat secanggih ini nggak dibawa ke Afrika untuk pertambangan nikelin ataupun Emas atau mungkin dibawa ke Indonesia yang punya Freeport dengan kekayaan sumber daya alamnya yang luar biasa? dan gimana menurut kalian jika kalian punya alat ini kira-kira hal pertama apakah yang mau kalian lakukan?


Emkay Blast Lite merchandise

Related posts

Trik Menghindari Pencurian Motor yang Paling Tepat

admin

Mobil Harga 100 Juta yang Bisa Dijadikan Referensi

admin

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Mesin Mobil Overheat

Faqih Jafar

Leave a Comment