32.6 C
Jakarta
19 Februari, 2024
BeritaInfoMotor

Yamaha Qbix 125, Motor Unik Penantang Honda Scoopy! Fitur Lebih Canggih & Modern

Yamaha tak henti-hentinya mengeluarkan produk  motor terbaru dengan segala keunggulannya. Kali   ini Yamaha baru saja merilis produk terbarunya  yakni Qbix 125 di negeri gajah putih Thailand.   Motor bergaya skutik ini sungguh sangatlah  unik. Mulai dari tampilan hingga fitur,   banyak yang belum dimiliki skutik lain.  Digadang- gadang motor ini jadi penantang   bagi keluaran pabrikan raksasa lain yakni  Honda Scoopy. Lalu keunggulan apa saja yang  dimiliki Yamaha QBix 125 ini ya guys? Dan  bagaimana dengan harga yang dibanderol?

Desain Yamaha Qbix 125

Desain Yamaha Qbix 125 sangat lah futuristik  ala motor masa depan dengan paduan antara   bentuk persegi panjang dan bulat. Terlihat dari  lampunya yang ternyata berbentuk memanjang ke   bawah bahkan sampai dengan head lamp yang dibawanya. Lampu sein juga dibuat begitu   unik yakni berbentuk kotak yang sama dengan  konsep pada aksen bodi. Menariknya lagi, yamaha melengkapinya pula dengan lampu kota  dalam bentuk garis vertikal pada sisi kiri   maupun kanan lampu utama. Sedangkan  pada bagian kemudi telah terpasang   speedometer full digital yang lagi lagi dibuat  mengkotak. Tanpa mengurangi fungsionalitasnya,   dalam speedometer telah dilengkapi dengan pengukur  kecepatan dan sisa bahan bakar yang memiliki   keakuratan tinggi.

Iklan Hosting

Mengenai dimensi bodinya, Yamaha QBIX 125 dibuat dalam ukuran panjang  1860 mm, tinggi total 1115 mm, dan  lebarnya 710 mm. Tempat duduknya juga   dibuat tidak terlalu tinggi dengan hanya  sekitar 775 mm saja yang memungkinkan  para pengendara lebih mudah untuk  mengendarainya. Selain tidak terlalu tinggi,   tempat duduk dibuat dengan busa tebal  serta dibalut sarung jok yang berkualitas. Kemudian pada bagian deck dashboard dibuat  dalam ukuran lebar dan bobot yang juga terbilang   ringan. Yamaha QBIX Standard punya berat  sekitar 103 kg sedangkan QBIX S 106 kg,   dan QBIX ABS seberat 108 kg. Dengan motor yang  tidak terlalu berat alhasil pengendara merasa   nyaman saat berkendara plus tentunya  mudah melakukan manuver di jalanan.

Dapur Pacu Yamaha Qbix 125

Yamaha Qbix 125 punya spesifikasi mesin yang  tak kalah dengan competitornya yaitu Honda   Scoopy. Dibekali mesin tangguh tipe satu  silinder, 4 stroke berkapasitas 125 cc,   motor ini telah bersematkan teknologi  Bluecore SOHC 2-katup dengan pendingin   udara. Teknologi blue core sendiri telah jadi  ciri khas bagi motor Yamaha. Peran teknologi   Blue Core pada mesin motor matik Yamaha sudah  tidak perlu diragukan lagi, terbukti dengan   aplikasi teknologi Blue Core hampir di semua  line up produk matik Yamaha. Selain irit,   performa mesin motor dengan teknologi Blue Core  Yamaha jadi lebih bertenaga karena didukung oleh   teknologi balap Yamaha. Motor juga akan  tetap kencang dikarenakan teknologi Blue   Core menjaga suhu lebih stabil dan mengurangi  gesekan sehingga memaksimalkan performa mesin.


Emkay Frizz Happy Sour

Dari bekal yang dibawanya, terbukti motor matic  terbaru Yamaha Qbix 125 dapat hasilkan power   maksimum sebesar 9.5 HP pada 8000 rpm dan  torsi maksimum sebesar 9.6 NM pada putaran   5500 rpm. Meski tenaga yang dihasilkan nampak besar di kelasnya, namun untuk   masalah pemakaian bahan bakar tetaplah  efisien. Mesin berkapasitas 125 CC ini   lantas dikawinkan dengan transmisi CVT. Adanya CVT ini bisa difungsikan untuk   memudahkan dalam mengatur kecepatan  karena pengendara tidak perlu lagi   mengoperasikan transmisi dalam pengaturan kecepatannya. Percepatan yang dihasilkan pun   jadi lebih konstan dan bebas hentakan. Adanya  transmisi ini cocok dikendarai oleh siapa saja,   khususnya para kaum hawa yang bakal terlihat  lebih elegan ketika mengendarainya di jalanan.

Iklan Backlink

Rangka & Kaki-Kaki Yamaha QBix 125

Yamaha QBix 125 ini telah dilengkapi dengan  rangka yang berkualitas berjenis underbone   yang telah lolos uji sehingga bisa dipastikan  memiliki kualitas yang terbaik. Selain itu,   Yamaha juga membekalinya dengan sepasang suspensi tangguh pada bagian depan dan juga belakang yang   nantinya akan memaksimalkan  kenyamanan pengendara ketika   melintasi jalanan yang tidak rata. Suspensi depan dibekali dengan jenis teleskopik dan untuk bagian   belakang dibekali jenis lengan ayun single shock  yang mana keduanya mampu memberikan daya redam   yang tinggi sehingga nyaman ketika dikendarai.

Kemudian untuk bagian kaki-kaki yang diusungnya   juga tak kalah tangguh. Yamaha Qbix 125 telah  dibekali velg ukuran 12 inch yang dipasangkan   pada masing-masing varian dengan menjanjikan  penampilan lebih menarik lagi. Di bagian  ini terdapat perbedaan antara ketiga varian  dari QBIX. Pada varian Yamaha QBix tipe   standar mengusung ban berukuran 100/90 pada  bagian depan dan 130/70 pada bagian belakang.   Sedangkan untuk tipe S dan ABS, motor ini  dibekali dengan ban berukuran 110/90-12 pada   bagian depan dan 140/70 pada bagian belakang.  Selisihnya memang tidak terlalu jauh sehingga   keduanya tetap sama-sama nyaman dikendarai  baik di jalanan lurus maupun menikung.

Fitur Yamaha Qbix 125

Bisa dibilang fitur yang terdapat di Yamaha  Qbix 125 sangat lah melimpah. Sebut saja sistem   pencahayaan full digital dan panel instrumen  LCD yang ukuran monitarnya lebih ramping dan   pastinya kualitas dan resolusi gambar lebih tinggi daripada monitor CRT. Ada pula charger smartphone   yang terletak di laci bagian depan buat pengendara  yang mau ngecas handphone saat sedang mengaspal.  Motor Yamaha Qbix 125 juga telah  dibekali dengan Stop & Start   System guna menghentikan mesin secara otomatis  saat skutik berhenti lebih dari lima detik dan  diklaim mampu menghemat konsumsi bahan  bakar. Jika ingin mengaktifkannya kembali,   hanya tinggal putar pedal gasnya saja. Skutik baru  ini juga dilengkapi teknologi answer back system.   Teknologi ini punya kegunaan untuk memberikan kemudahan bagi pengendara dalam mencari motor   di lokasi parkir.

Fitur answer back system  bisa menjadi kebutuhan untuk para pemotor   di Indonesia apalagi di perkotaan dan dinilai  akan membuat motor jadi lebih modern dan mewah. Belum selesai dengan fitur answer back  sistem saja, Yamaha Qbix 125 juga telah   memboyong fitur system smart key dan  Anti-lock braking system (ABS). Pasti   kalian sudah sangat familiar ya guys dengan  fitur ini. Fitur system smart key sendiri  tidak seperti kunci motor biasa karena  kalian tinggal mencolokkan anak kunci   dan memutarnya lalu kemudian mesin pun akan  menyala. Sedangkan antilock braking system   merupakan fitur keamanan motor yang amat canggih  canggih. Pasalnya, sistem ABS memungkinkan rem   tak terkunci apabila motor mengerem mendadak. Dengan adanya fitur ini, kalian bisa menempuh   perjalanan dengan medan seperti apapun,  tanpa perlu khawatir akan slip. Nah   berbeda dengan motor non-ABS guys yang gampang  tergelincir dibanding motor dengan fitur ABS.

Iklan Hosting

Varian & Harga Yamaha QBix 125

Sesuai dengan varian yang  telah disediakan oleh Yamaha,   nantinya kalian akan dihadapkan terhadap 3  pilihan harga yamaha QBIX berbeda. Pertama   harga Yamaha QBIX standard yang dilepas  pada angka 53500 baht atau setara Rp 20,7  jutaan. Varian kedua ada QBIX S berada  pada kisaran 56. 000 baht atau sama   dengan Rp.21,7 jutaan. Lalu harga Yamaha  QBIX ABS berada pada range tertinggi   yakni 59. 900 baht yang bila dirupiahkan  menjadi Rp.23,2 jutaan. Sayangnya harga  tersebut tidak berlaku di Indonesia dan baru  berlaku di luar negeri khususnya di Thailand   yang menjadi wilayah pertama penjualan motor ini.  Kemungkinan besar, harga Yamaha QBIX akan berbeda   setelah masuk tanah air. Bisa lebih mahal, tapi bisa pula lebih murah. Semoga motor bisa   segera mengaspal di Indonesia ya guys biar  kalian bisa merasakan tangguhnya motor ini.


Emkay Blast Lite merchandise

Related posts

Mengulas Pengalaman Menjadi Penumpang dan Pengemudi BYD Dolphin

Agung

Siap Meluncur! Harga Yamaha Aerox 2023 Diperkirakan Akan Turun Drastis!

admin

9 Mobil JDM Ikonik Yang Harus Diketahui Semua Petrolhead

admin

Leave a Comment